Coaching Clinic Publikasi Ilmiah: Prof Nurul Ilmi Ajak Sivitas Akademika Menulis Sampai Akhir Hayat

31 Desember, 2021 oleh
webadmin1

Humas IAIN Parepare — Professor (Prof) Nurul Ilmi Idrus menjadi pemateri Coaching Clinic Penulisan Artikel Jurnal. Kegiatan yang dilaksanakan di Café Sunhey Space Parepare ini diikuti 25 orang yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Fuad. Penulisan artikel salah satu aktivitas yang sering dilakukan baik itu mahasiswa maupun dosen.

Dalam materinya, ia menjelaskan berbagai hal terkait penulisan jurnal mulai dari memilih judul, teknik pengumpulan data, metode penelitian, hingga pada proses analisis data. Berbagai pengalaman saat menulis jurnal maupun saat menjadi reviewer jurnal disampaikan kepada peserta. Banyak pertanyaan dan diskusi serta tips-tips menulis yang dibagikan pada peserta. Diskusi dipandu oleh Mahyuddin.



Prof. Nurul Ilmi Idrus merupakan perempuan kelahiran Makassar, 7 Januari 1965. Sebelum dilantik menjadi Rektor Universitas Muslim Maros (UMMA), sehari-hari adalah Guru Besar Antropologi Fisip Unhas. Sarjana antropologi Fisip Unhas 1987. Magister antropologi sosiologi di Valdosta State University Georgia Amerika Serikat 1992. Doktor antropologi Canberra Australia 2003. Guru Besar termuda Unhas 2005 dan menjadi dosen berprestasi Unhas 2013. Selain itu, ia menghasilkan karya riset, tulisan/jurnal ilmiah lokal, regional, nasional dan internasional.

Menurutnya, bagi yang berprofesi dosen menulis itu hingga akhir hayat dan sangat penting menghasilkan tulisan yang memiliki perbedaan dengan tulisan lain seperti adanya kebaruan (novelty).

“Menulis artikel itu mau lokal, nasional ataupun international harus maksimal semua,” ucapnya memotivasi.

Prof. Nurul juga mengajak para dosen agar menulis bukan karena hanya ingin naik pangkat saja ataupun mengejar scopus tetapi ada kualitas tulisan yang menarik dan bermanfaat bagi pembaca.

di dalam Berita
webadmin1 31 Desember, 2021