Datang dengan Rindu, Pulang dengan Penuh Kenangan: Ramah-Tamah KKN Desa Lompo Tengah

15 April, 2023 oleh
fikruzzamansaleh


Humas IAIN Parepare---Pembukaan ramah-tamah mahasiswa KKN IAIN Parepare Angkatan 33 Desa Lompo Tengah Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru, merupakan salah satu kegiatan puncak perpisahan dengan segenap unsur Desa Lompo Tengah, baik kepada masyarakat desa, tokoh masyarakat, dan pemerintah desa. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Desa Lompo Tengah pada hari Kamis (13/04/2023).


Kegiatan ramah-tamah tersebut dirangkaikan dengan seminar hasil program kerja selama pelaksanaan KKN di Desa Lompo Tengah. Sembari melebur bersama masyarakat, terlaksana pula acara buka puasa bersama. 

Koordinator Desa Lompo Tengah dalam sambutannya mengungkapkan, “Kegiatan ramah-tamah ini merupakan kegiatan puncak dari segala kegiatan kami, yang telah dilaksanakan di Desa Lompo Tengah dan merupakan puncak paling haru. Karena akan meneteskan air mata kenangan dan rindu dengan suasana masyakarat desa, yang sangat menyambut kedatangan kami serta memberikan dukungan atas segala kegiatan kami, terutama dalam kegiatan nuansa keagamaan," ujarnya.

Muhammad Renaldi yang merupakan koordinator desa tersebut juga menyampaikan rasa syukurnya atas penyelenggaraan kegiatan yang optimal, "AlhamdullIlah semua program kerja yang telah kami seminarkan terlaksana dengan lancar, semua ini karena dukungan masyarakat desa serta pemerintah desa. Kenangan yang paling berkesan selama melaksanakan KKN di Desa Lompo Tengah ini, kami akhirnya mampu mendirikan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) di salah satu masjid yang memenuhi persyaratan dari Kementerian Agama. Perlu diketahui bersama bahwa di Desa Lompo Tengah memiliki 6 dusun dan 9 masjid, namun hanya satu yang lolos persyaratan untuk berdiri sebagai Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA), yaitu Masjid Hidayatullah Lumpajae Dusun Lisu Desa Lompo Tengah. Harapan kami setelah berdirinya Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) di masjid tersebut, menjadi cikal-bakal untuk seluruh masjid di setiap dusun untuk dapat berbenah diri dan dapat juga mampu mendirikan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA). Agar kedepannya anak-anak desa kita bisa paham dalam penyebutan huruf Hijaiyah yang baik dan benar, serta dapat membaca Al-Qur’an sesuai tajwid. 

Lebih lanjut Muhammad Renaldi juga mengungkapkan pesan da kesannya selama melaksanakan program KKN, "Setiap pertemuan pasti ada perpisahan, ribuan terima kasih kami haturkan kepada seluruh masyarakat Desa Lompo Tengah mulai dari Warga, Tokoh Masyarakat, dan Pemerintah Desa atas sambutan sangat hangatnya, didikan, serta bimbingan selama kami menjalani kegiatan KKN di desa ini. Harapan kami semoga kedepannya pengalaman ini membawa manfaat, terutama terhadap apa yang telah kami dirikan bersama dengan elemen masyarakat. Akhir kata perpisahan bukan akhir dari pertemuan, melainkan awal dari persaudaraan. Meskipun tak lagi menjalani kegiatan bersama masyarakat dan teman kelompok, namun kenangan selama 45 hari ini akan terus melekat, kami datang dengan penuh rindu, dan pulang dengan penuh kenangan," ungkapnya saat menutup sambutannya.



Menanggapi sambutan Koordinator Desa Lompo Tengah, Arifuddin Pabiseang Kepala Desa Lompo Tengah menyampaikan rasa terima kasih kepada mahasiswa KKN, “Kami sangat berterima kasih kepada adik-adik mahasiswa KKN IAIN Parepare, karena telah mengukir sejarah yang sangat luar biasa yang telah memberikan kado special untuk masyarakat Desa Lompo Tengah. Apa lagi kado spesialnya merupakan kado yang pahalanya tidak akan terputus sampai hari akhir, yaitu telah berhasil mendirikan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) di salah satu dusun Desa Lompo Tengah ini. Sekali lagi kami selaku Pemerintah Desa mengucapkan banyak terima kasih dan memohon maaf sebesar-besarnya kepada adik-adik mahasiswa, jika selama mengabdi dan menerapkan keilmuannya yang telah didapatkan dari kampusnya menemukan kendala namun tetap bisa diaktualisasikan dengan baik. Pesan kami terhadap adik-adik mahasiswa KKN IAIN Parepare untuk tetap terus ingat kami di sini. Terkhusus apa yang telah diciptakan dibangun untuk kami yaitu Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA). Semoga ini merupakan dapat menjadi pondasi agar Desa Lompo Tengah dapat lebih aktif untuk berada pada majelis keilmuan agama. terutama generasi kami yakni anak-anak Desa Lompo Tengah, kami juga menunggu undangannya untuk menjadi masyarakat Desa Lompo Tengah, karena saya lihat remaja desa sangat tertarik dengan Pak Kordes Renaldi ini,” guraunya saat menutup sambutan Kepala Desa Lompo Tengah.


Setelah kegiatan ramah tamah Mahasiswa KKN IAIN Parepare usai terlaksana, acara dilanjutkan dengan menyantap menu berbuka puasa bersama para warga. Santapan berupa nasi kotak tersebut juga dibagikan kepada para musafir yang melintas di Desa Lompo Tengah. (Fzs/Srh)

di dalam Berita
fikruzzamansaleh 15 April, 2023