Debat Nasional Penegakan Hukum Pemilu Bawaslu RI, IAIN Parepare Sabet Juara 3

3 September, 2023 oleh
dirgaachmad

Humas IAIN Parepare---Tim Debat IAIN Parepare berhasil menjadi Juara III pada Kompetisi Debat Penegakan Hukum Pemilu Bawaslu Republik Indonesia. Tim Debat IAIN Parepare yang diikuti oleh Aulia Audri Rahman berlatar belakang jurusan Hukum Tata Negara, Insani Tiara Agatha jurusan Hukum Tata Negara, dan Resky Karty Kahar jurusan Hukum Pidana Islam. Tim ini berasal dari Komunitas Student Debate Forum (STADIUM), yang didampingi langsung oleh Wiwin, alumni IAIN Parepare yang telah mencetak banyak prestasi saat menjadi mahasiswa.

Kompetisi Debat Penegakan Hukum Pemilu ke-III tahun 2023 ini, diikuti oleh 171 perguruan tinggi dari seluruh wilayah Indonesia, dan Tim Debat IAIN Parepare berada pada peringkat 24 pada tahap nasional setelah menduduki poin tertinggi ke-7 dari 171 perguruan tinggi yang diraih pada babak kualifikasi. Tahap nasional Kompetisi Debat tersebut dilaksanakan selama 3 hari yaitu pada Kamis, 28 Agustus 2023 sampai Sabtu, 30 Agutus 2023 di Hotel Mercure Centre Ancol, Jakarta.

Tahapan nasional terdiri atas 4 babak. Pada babak penyisihan, Tim Debat IAIN Parepare berhasil menjadi juara grup dan berhasil melaju pada babak perempat final setelah mengungguli Tim Debat UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungangung dengan skor 3-0 dan Universitas Pasir Pengairan dengan skor 2-1. Dibabak perempat final, Tim Debat IAIN Parepare berhasil mengungguli Tim Debat Universitas Syiah Kuala dengan skor 3-2 yang memperdebatkan mosi “Mantan Terpidana Korupsi Memenuhi Syarat sebagai Pencalonan Anggota DPRD, DPD, dan DPRD” yang atas hasil tersebut, Tim Debat IAIN Parepare berhak lolos pada babak semifinal.


Pada babak semifinal, Tim Debat IAIN Parepare harus mengakui keunggulan Tim Debat Universitas Surabaya dengan skor 2-3 terhadap mosi “SENTRA GAKUMDU dalam Penanganan Tindak Pidana Pemilu”, sehingga tim Debat IAIN Parepare harus berjuang pada babak perebutan juara ketiga melawan Universitas Diponegoro. Setelah melakukan perdebatan sengit terhadap mosi “Parlementary Threshold Sebesar 4%”, Tim Debat IAIN Parepare menyabet juara 3 setelah menang dengan skor 3-2.

Insani Tiara Agatha selaku anggota tim saat dikonfimasi mengungkapkan kebanggaannya yang luar biasa karena mengikuti ajang kompetisi nasional tersebut. 

“Alhamdulillah tim Kami bisa menjadi juara ketiga pada kompetisi ini, padahal diikuti ratusan Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia, semuanya tidak terlepas dari dukungan keluarga, komunitas debat kami Student Debate Forum, teman-teman, pihak kampus, dan juga Bu Titi Anggraini yang sejak awal memberikan dukung dan motivasi pada tim Kami. Tentu ini merupakan pencapaian yang sangat luar biasa mengingat kompetisi ini merupakan salah satu kompetisi bergengsi dan kompetitif untuk mahasiswa hukum”. (da/Srh/Tin)



di dalam Berita
dirgaachmad 3 September, 2023