Dekan FAKSHI Jadi Pembicara Pembinaan Penghulu Kota Parepare

31 Maret, 2022 oleh
Nur Aeni K

HUMAS IAIN Parepare – Upaya peningkatan kompetensi SDM Kepenghuluan, Kantor Kementerian Agama Kota Parepare menggelar kegiatan Pembinaan Penghulu Tahun 2022 pada Jum’at (01/04/2022) di Cafe Warna Warni Parepare.

Kegiatan tersebut menghadirkan Pembicara dari Akademisi IAIN Parepare Dr. Hj. Rusdaya Basri, Lc.,M.Ag., yang juga menjabat sebagai Dekan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam. Materi yang disampaikan berkaitan dengan penguatan literasi kepenghuluan bagi Penghulu. Selain dihadiri oleh Para Penghulu dan Penyuluh Agama sebagai peserta, juga dihadiri Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) lingkup Kementerian Agama Parepare.

Dalam penyampaian materinya, Rusdaya Basri banyak menyampaikan pesan-pesan akademik. “Jabatan penghulu adalah jabatan dasyhat, Penghulu berad di garis depan dalam membimbing, membina dan memberikan penyuluhan kepada masyarakat, sehingga umat Islam semakin paham dan memiliki kesadaran dalam menjalankan nilai dan perintah agama degan baik dan benar,” tutur Dekan Fakshi.

“Penghulu harus peka terhadap referensi yang up to date, sehingga perlu dibekali referensi yang kuat, karena penghulu dan penyuluh sebagai garda terdepan KUA dalam pelayanan kepada Masyarakat,” tutup Rusdaya Basri (Aen/tin)

di dalam Berita
Nur Aeni K 31 Maret, 2022