Dirga Achmad, Dosen IAIN Parepare Peraih Peringkat Terbaik 1 LATSAR CPNS Kemenag RI

28 November, 2021 oleh
webadmin1

HUMAS IAIN Parepare— Pelatihan Dasar (LATSAR) Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama Republik Indonesia yang diselenggarakan sejak Agustus 2021 secara blended learning yaitu mengintegrasikan pola pembelajaran daring dan luring. Pembelajaran klasikal (on campus) dilaksanakan oleh Balai Diklat Keagamaan (BDK) Makassar yang membagi angkatan dan gelombang peserta LATSAR CPNS.


28
Salah satu Dosen Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam (FAKSHI) IAIN Parepare Dirga Achmad, M.H., kembali meraih prestasi yang membanggakan yaitu peringkat terbaik 1 peserta LATSAR CPNS Golongan III Kementerian Agama RI Angkatan X Se-Wilayah Kerja BDK Makassar meliputi satuan kerja Kemenag wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara, yang sebelumnya juga telah diraih Dosen FEBI IAIN Parepare Saddan Husein, M.Ak pada angkatan IV.

Pengumuman peserta terbaik disampaikan saat kegiatan penutupan di BDK Makassar pada Sabtu (27/11/2021), penyerahan piagam penghargaan peserta terbaik diserahkan oleh Rektor UIN Alauddin Makassar Prof. Hamdan Juhannis, Ph.D. didampingi Kepala BDK Makassar Hj. Juhrah, S.Sos., M.AP.


Indikator penilaian peserta terbaik diawali sejak tahapan pertama yaitu Massive Open Online Course (MOOC) yang dilanjutkan dengan pembelajaran jarak jauh baik mandiri maupun dipandu oleh mentor dan coach. Selanjutnya, peserta diminta untuk membuat rancangan aktualisasi yang akan direalisasikan pada masa habituasi selama 1 bulan, dan terakhir, peserta akan melaporkan dan mempresentasikan hasil aktualisasi yang telah dilaksanakan dalam seminar hasil aktualisasi. Seperti diketahui, Dirga Achmad mengusung judul aktualisasi CLIENT : Clinical Legal education sebagai alternatif penguatan keterampilan hukum mahasiswa Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam IAIN Parepare.

Bagi Dirga, kegiatan aktualisasi tersebut dapat berjalan secara efektif dan mampu dipertahankan dihadapan penguji berkat arahan dan masukan Kepala Biro AUAK IAIN Parepare Hj. Musyarrafah Amin, S.Sos.,M.Si. selaku mentor dan hasil koordinasi dan konsultasi dengan pimpinan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam.

“Berangkat dari isu, tidak adanya wadah bagi mahasiswa untuk mengetahui realitas hukum pada masyarakat dalam mengembangkan keterampilan hukum pada mahasiswa. Maka saya mencoba melakukan inovasi dengan merancang program CLIENT ini. Alhamdulillah, banyak pihak yang mengapresiasi, termasuk masyarakat yang telah memperoleh penyuluhan hukum dari kami dan mahasiswa yang turun langsung agar masyarakat tahu hak-hak hukumnya,” pungkas Dirga.

di dalam Berita
webadmin1 28 November, 2021