Dorong Reputasi Institusi, Rektor; Kita Upayakan Mahasiswa Internasional Kuliah di IAIN Parepare

21 April, 2023 oleh
Hayana

Humas IAIN Parepare -- Rektor IAIN Parepare, Hannani berupaya memiliki mahasiswa asing dengan mendorong tim panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) merekrut mahasiswa asing untuk kuliah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare. 

Langkah tersebut dilakukan dengan melibatkan Pusat Pengembangan Mutu, Karier Mahasiswa dan Alumni pada Lembaga Penjaminan Mutu untuk mencari dan merekrut mahasiswa internasional di luar negeri. Salah satunya melalui program beasiswa mahasiswa asing kampus PTKIN.

“Kita ada program beasiswa mahasiswa asing yang disediakan oleh Kementerian Agama. Karena itu, kita upayakan agar bisa merekrut mahasiswa internasional tahun 2023 ini,” ujar Hannani saat dihubungi via pesan WhatsApp, Kamis (20/04/2023).

Lebih lanjut, ia menegaskan program beasiswa untuk mahasiswa asing yang diberikan Kemenag bertujuan agar semakin banyak mahasiswa asing yang kuliah di Indonesia, sehingga semakin banyak mahasiswa mancanegara yang mengenal Indonesia dengan keragaman budayanya. 

Di samping itu, menurut Hannani, hadirnya mahasiswa asing akan mendorong reputasi IAIN Parepare terutama dalam hal akreditasi.

“Di samping untuk memperkuat hubungan diplomasi negara asal mahasiswa dengan pemerintah Indonesia, manfaat yang lebih spesifik bagi IAIN Parepare ketika mahasiswa luar negeri kuliah di kampus kita, akan meningkatkan nilai akreditasi lembaga,” ungkapnya.

Untuk diketahui, saat ini terdapat dua calon mahasiswa asal Thailand yang mendaftar kuliah di IAIN Parepare melalui program beasiswa mahasiswa asing Kemenag. Keduanya bernama Feeda Chetae dan Hasmeera Kaseng yang berasal dari Provinsi Pattani dan Yala. Mereka merupakan lulusan dari Sekolah Menengah Atas Watnatham Islam School di Selatan Thailand.




Menurut Feeda Chetae, dia ingin melanjutkan studi jenjang S1 di IAIN Parepare, karena ingin merasakan dan mendapatkan pendidikan tinggi di luar negeri, mendapatkan pengalaman baru, serta belajar banyak bahasa dan budaya yang berbeda.

Alasan yang sama diungkapkan Hasmeera, ia mendaftar kuliah di IAIN Parepare karena ingin mengenali dunia yang berbeda. Apalagi Indonesia terkenal dengan banyak budaya, adat istiadat, tradisi dan termasuk keragaman agama. 

Dipilihnya IAIN Parepare oleh mahasiswa asing merupakan bukti bahwa kampus ini memiliki keunggulan, dan hal ini akan meningkatkan reputasi di kancah internasional.

“Kehadiran mahasiswa asing di IAIN Parepare tidak hanya bermanfaat bagi mahasiswa kita untuk membangun jejaring antarnegara, tetapi juga dapat meningkatkan reputasi kampus dan menguatkan kepercayaan masyarakat untuk melanjutkan pendidikan di kampus IAIN Parepare,” tutup Hannani. (mhy/alf)

di dalam Berita
Hayana 21 April, 2023