Dosen BKI Gelar Pengabdian Pengembangan Potensi Karier Generasi Muda dan Tes SDS di Santri Pesantren MA Nuhiyah Polewali Mandar

8 November, 2022 oleh
khaerunnisaihwan

Dosen BKI Gelar Pengabdian Pengembangan Potensi Karier Generasi Muda dan Tes SDS di Santri Pesantren MA Nuhiyah Polewali Mandar

Humas IAIN Parepare– Dosen BKI IAIN Parepare melaksanakan kegiatan Pengabdian pada Masyarakat dengan tema “Pengembangan Potensi Karier Peserta Didik (Santri) di Pesantren MA Nuhiyah Pambusuang Polewali Mandar melalui Tes SDS dan Pendampingan Bimbingan Karier” pada Sabtu (29/10/ 2022) dan (5/11/ 2022).

Pengabdian ini dilakukan oleh Ulfah Usman M.Pd. yang merupakan dosen Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) di IAIN Parepare. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari tridarma perguruan tinggi yang dibiayai oleh DIPA IAIN Parepare tahun 2022.

Peserta pada kegiatan yang digelar di Pesantren MA Nuhiyah Pambusuang Polewali Mandar adalah Santri kelas XII yang terdiri dari 47 peserta didik (gabungan dari tiga kelas).

Pendampingan hasil tes dilakukan bersama dengan 12 guru mata pelajaran d kelas XII MA Nuhiyah.

Kegiatan pengembangan potensi karier ini dilaksanakan dengan tujuan membantu santri mencari pekerjaan sesuai potensi ataupun membantu santri menentukan jurusan yang cocok bagi mereka untuk pengembangan dirinya.

Kegiatan dilaksanakan dengan 2 tahap. Tahap pertama dilaksanakan pada Sabtu, 29 Oktober 2022. Kegiatan dibuka oleh salah satu guru di MA Nuhiyah yang dirangkaian dengan pemberian arahan dan penjelasan mengenai agenda kegiatan pengabdian, sekaligus pemberian tes kepada santri. Tahap kedua dilaksanakan pada Sabtu 5 November 2022 dengan agenda konsultasi hasil tes dan pendampingan bimbingan karier dengan strategi intruksional pada guru mata pelajaran, serta evaluasi kegiatan yang dilakukan dengan pemberian kuesioner dan evaluasi jangka panjang dengan melihat perkembangan siswa dalam mengeksplorasi diri.

Wakil Kepala Sekolah MA Nuhiyah Pambusuang Subhan Saleh, S.Pd.I., M.Pd dalam sambutannya merespons baik langkah dosen dan mahasiswa IAIN Parepare melaksanakan pengabdian tersebut. Menurutnya, kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi peserta didik.

“Kegiatan pengabdian ini sangat bermanfaat membantu santri mengetahui dan mengenali minat kariernya sehingga bisa menjadi acuan dalam memilih pendidikan lanjutan setelah tamat dari MA Nuhiyah,” ucapnya.

Umama salah satu peserta tes dari kelas XII mengungkapkan, kegiatan pengembangan ini sangat bermanfaat.

“Kegiatan tes ini bagus sekali karena kegiatan ini membantu saya dan teman-teman saya mengenali pekerjaan yang sesuai dengan diri kami dan membantu membuat perencanaan karier kami di masa depan,” ucapnya (Mhy/Tin)


di dalam Berita
khaerunnisaihwan 8 November, 2022