Dosen IAIN Parepare Diseminasikan Hasil Penelitian dan Pengabdian Tahun 2021

24 Desember, 2021 oleh
webadmin1

Humas IAIN Parepare-Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) melalui Pusat Penelitian melakukan diseminasi hasil penelitian dan pengabdian Rabu (22/12/2021). Kegiatan tersebut diselenggarakan di Ruang Seminar Lantai 5 Gedung Perpustakaan dengan mendisemimasikan beberapa hasil penelitian dan pengabdian dosen peneliti on going 2020 dan penelitian tahun 2021, setelah melalui proses seleksi dari reviewers.

Wakil Rektor 1, Dr. Sitti Jamilah Amin, M.Ag. hadir dalam kegiatan tersebut dan memberikan sambutan serta membuka kegiatan secara resmi. Dalam sambutannya, ia menyampaikan agar para dosen peneliti dapat memperhatikan dengan jelas output dan outcome dari hasil penelitian, baik berupa buku maupun jurnal sesuai kontrak yang telah disetujui. Selain itu, ia juga memberikan selamat atas keberhasilan para dosen peneliti yang telah melalui berbagai proses review dari tim komite dan reviewer sehingga bisa berada ditahap diseminasi.


Pada kegiatan diseminasi tersebut, terdapat dua agenda kegiatan, yaitu pemaparan materi dari narasumber utama yang merupakan Direktur Pustaka Cendekia, sekaligus dosen IAIN Gorontalo, Dr. Nazar Husain HPW, M.Phil, dengan membawakan materi “Diseminasi Hasil Penelitian melalui Buku, Jurnal Nasional dan Internasional”.


Dalam pemaparannya, ia memfokuskan bagaimana seorang peneliti dapat memperhatikan peringkat jurnal yang akan dijadikan tujuan untuk men-submit hasil penelitian karena semakin tinggi ranking jurnal maka semakin lama pula proses review-nya (berkisar antara 3 bulan sampai 1 tahun). Selain itu, ia menyarankan agar setiap tulisan harus dipahami apakah tulisan tersebut memiliki nilai lebih dan mampu untuk merepresentasikan hal apa yang menonjol dari penelitian yang dilakukan.

Pemaparan diseminasi hasil penelitian dan pengabdian dosen menjadi agenda kedua dalam kegiatan ini.
Tim Panitia yang diketuai oleh Dr. H. Muhiddin, , Lc., M.Fil.I, menentukan dua tema utama. Pertama,” Metodologi Moderasi Beragama dalam Kajian Studi Keislaman dan Budaya Lokal” dengan presenter Dr. M. Ali Rusdi, S.Th.I., M.H.I. dan Dr. H. Sudirman L., M.H. serta Dr. Fikri, S.Ag., M.H.I. dan Dr. Rahmawati, M.Ag., sedangkan tema yang kedua adalah “Metodologi dan Peran Media Sosial di Era Globalisasi” yang dipresentasikan oleh tim dari Alfiansyah Anwar, S.Ksi., M.H. dan Muh. Taufiq, M.Sos. Keseluruhan rangkaian kegiatan diseminaisi ini dipandu oleh moderator, Fatjri Nur Tajuddin, M.A.



Harapan ketercapaian manfaat dari kegiatan diseminasi hasil penelitian dan pengabdian dosen ini menjadi hal penting untuk dijadikan fokus dalam sosialisasi karya-karya dosen IAIN Parepare. Apalagi dalam kegiatan ini turut hadir Kepala Dinas Kominfo Kota Parepare, Pimpinan UMPAR Press, Sampan Institute Parepare, dan beberapa tamu undangan lainnya.

“Pada akhirnya, keluaran yang diharapkan dari setiap hasil penelitian dan pengabdian dosen IAIN Parepare dapat bermanfaat bagi lembaga, masyarakat, agama dan bangsa,” tutur Ketua LP2M, Dr. Zainal Said, M.H. (fnt/tin)

di dalam Berita
webadmin1 24 Desember, 2021