Dosen PIAUD Adakan Pengabdian dalam Bidang Pendidikan Berbasis Saintifik

1 Desember, 2022 oleh
khaerunnisaihwan

Dosen PIAUD Adakan Pengabdian dalam Bidang Pendidikan Berbasis Saintifik


Humas IAIN Parepare–Nurul Asqia Dosen Pendidikan Islam Anak Usia Dini bersama mahasiswa Tarbiyah IAIN Parepare melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat di Desa Ulusaddang Kec. Lembang Kab. Pinrang, Senin s.d. Minggu (24-30/ 10/2022).

Kegiatan Pengabdian yang didesain dengan nama Bakti Pendidikan Berbasis Saintifik. Programnya yaitu Seminar Parenting dan Program Pengajaran Formal dan Nonformal. Seminar Parenting ini ditujukan untuk orang tua siswa, sedangkan program Pengajaran Formal dan Nonformal ditujukan untuk siswa di SD Negeri Satap Ulusaddang. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat tersebut merupakan bentuk pelaksanaan tridarma perguruan tinggi yang dibantu oleh LP2M IAIN Parepare.

Nurul Asqia yang merupakan Ketua Panitia kegiatan Bakti Pendidikan mengungkapkan bahwa agenda seminar parenting ini memiliki tujuan meningkatnya kesadaran para orang tua tentang pentingnya menerapkan pola asuh positif yang nantinya akan berdampak positif dalam proses tumbuh kembang anak hingga dewasa.

Sementara itu, Kepala Desa Ulusaddang, Maskur, S.H. mengucapkan banyak terima kasih atas pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen PIAUD dan mahasiswa tarbiyah IAIN Parepare ini.

“Setiap ada kegiatan pengabdian masyarakat oleh mahasiswa kami selalu menganggap itu sebagai rezeki, maka dari itu kami sangat welcome ketika kedatangan mahasiswa dari kampus manapun. Mewakili masyarakat Desa Ulusaddang saya mengucapkan banyak terima kasih atas program pengabdian ini. Baru kali ini ada program seminar parenting dan saya pikir ini sangat bermanfaat untuk menambah wawasan para orang tua dalam hal pola asuh anak yang baik,” ungkap Kepala Desa Ulusaddang.

Selain program seminar parenting, beberapa mahasiswa pilihan Fakultas Tarbiyah diberi tugas untuk melakukan program pengajaran formal dan nonformal di SD Negeri Satap Ulusaddang. Pada program tersebut para mahasiswa mengaplikasikan ilmu yang telah mereka dapatkan dibangku kuliah sesuai dengan prodinya masing-masing seperti Pendidikan Agama Islam, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Matematika, Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab. Di samping itu mereka juga melakukan pengajaran nonformal yaitu mengembangkan life skill peserta didik seperti puisi, nasyid, fashion show, azan dan baca tulis Al-Qur’an.

Salfiah Fitmah yang merupakan koordinator tim pengajar menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan wadah untuk melakukan praktik microteaching.

“Program pengajaran ini merupakan wadah dalam mengaplikasikan ilmu yang kami dapatkan di bangku kuliah dan pelatihan microteaching yang sebelumnya kami laksanakan di kampus. Program ini juga bertujuan membantu sekolah yang mungkin kekurangan tenaga pendidik yang mempuni, serta sarana untuk saling berbagi dengan peserta didik,” kata mahasiswa tarbiyah semester 7 tersebut.

Ucapan terima kasih disampaikan oleh Kepala UPT SD Negeri Satap Ulusaddang Bapak Samsuar, S.Pd.atas dedikasi yang diberikan oleh mahasiswa Tarbiyah IAIN Parepare.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih atas dedikasi yang Ananda berikan kepada sekolah kami bukan saja peserta didik yang Ananda ajarkan, tapi kami juga banyak belajar kepada Ananda mengenai metode dan media pembelajaran yang Ananda terapkan pada proses pembelajaran dan itu membuat anak didik kami semangat dan antusias dalam belajar,” ungkapnya.

Nurul Asqia berharap semua program yang dijalankan dalam kegiatan pengabdian ini dapat bermanfaat bagi masyarakat desa dan lembaga pendidikan serta menambah pengalaman mengajar mahasiswa Tarbiyah sebagai bekal menjadi guru profesional
(Ars/Tin)


di dalam Berita
khaerunnisaihwan 1 Desember, 2022