Dua Mahasiswa FEBI jadi Delegasi Asia World Muslim Conference 2023 di Malaysia

13 April, 2023 oleh
multazam.mansyur

Humas IAIN Parepare--Dua orang mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Parepare terpilih menjadi delegasi dalam ajang internasional yang diselenggarakan di Kuala Lumpur, Malaysia, pada tanggal 6-8 April 2023.

Dua mahasiswa tersebut yakni Bahari Maha Putratama Alwi, mahasiswa Prodi Manajemen Keuangan Syariah dan Putri Amalia Ramadani mahasiswa Prodi Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah. Ajang Internasional “Asia World Muslim Conference & Exchange Program 2023” ini diadakan di Tamu Hotel, Kuala Lumpur. Kegiatan itu merupakan tahun ketiga dalam penyelenggaraannya. 

Acara yang diinisiasi oleh Studec Internasional ini mengusung tema “Empowering Youth Muslim, Pursuing Global Peace, Leading to be the World Changemakers.” Partisipan dalam agenda Internasional tersebut diikuti oleh 30 delegasi dari 4 negara, yaitu Malaysia, Indonesia, Ghana dan Pakistan.

Konferensi internasional ini dihadiri oleh beberapa pembicara, diantaranya Dr. Setiawan Gunadi yang membawakan materi tentang Halal Lifestyle for Youth Muslim, Associate Prof. Betania Kartika dengan materi Halal and Islamic Education and Entrepreneurship, dan Dato Sri Zulkarnain Taib dengan memberikan materi Motivation and Speech. 


Sebagai delegasi, Bahari Maha Putratama dan Puteri Amalia Ramadani juga mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan speech-nya terkait dengan gagasannya mengenai peran sebagai pemuda muslim dalam menghadapi isu-isu global terkait masyarakat muslim. Bahari dan Putri juga mendapatkan penghargaan sebagai Inspiring Muslim Ambassador.

Ajang internasional ini menjadi pengalaman penting bagi Bahari Maha Putratama Alwi. Menurutnya, “kegiatan itu merupakan kesempatan pertamanya mengikuti ajang berskala internasional. "Saya banyak mendapatkan pengalaman berharga dan jejaring yang luar biasa dalam event ini," ujar Bahari.



Putri Amalia Ramadani yang juga merupakan salah satu anggota delegasi IAIN Parepare merasa bangga menjadi bagian dari kegiatan internasional itu. Adanya jadwal dan materi yang cukup padat selama tiga hari, Puteri berharap bisa membagikan pengalamannya dan memberikan inspirasi bagi mahasiswa lain di lingkup IAIN Parepare agar bisa berpartisipasi dalam kegiatan yang berskala Internasional. 

"Saya merasa bangga bisa menjadi salah satu bagian dari event Internasional ini, kami banyak saling bertukar pikiran dari berbagai aspek, namun yang paling menarik ketika kita berbicara tentang budaya masing-masing,” ungkap Putri.

Diselenggarakan dalam suasana bulan suci Ramadan, para delegasi juga melakukan sahur dan berbuka bersama di Hotel serta melakukan tarawih dan tadarus bersama. Selain materi yang dipaparkan oleh beberapa narasumber, Asia World Muslim Conference 2023 ini juga mengagendakan tour ke Masjid Jamek di Kuala Lumpur. Pada agenda tersebut, para delegasi dibekali dengan sejarah tentang Masjid tertua di Kuala Lumpur tersebut. (drm & mma/alf)

di dalam Berita
multazam.mansyur 13 April, 2023