Fakultas Tarbiyah Kuliah Tamu, Menuju Transformasi Merdeka Belajar

12 November, 2021 oleh
webadmin1

Humas IAIN Parepare– Fakultas Tarbiyah melaksanakan Kuliah Tamu Batch I dengan tema ” Transformasi Pendidikan Matematika dan IPA untuk Menjawab Tantangan pada Masa dan Pasca Pandemi di Era Merdeka Belajar ” . Kegiatan dilaksanakan secara daring yang diikuti 332 peserta, baik dari dosen, guru, dan mahasiswa, Kamis (11/11/2021).

Dalam Kuliah Tamu yang menjadi pemateri adalah Prof. Dr. Toto Nusantara, M. Si. (Guru Besar FMIPA Universitas Negeri Malang) dan Prof. Dr. Siti Zubaidah, M. Pd. (Guru Besar FMIPA Universitas Negeri Malang).

Ketua Panitia Dr. Khalik melaporkan bahwa Kuliah Tamu Fakultas Tarbiyah diagendakan selama 4 sesi, “Kuliah Tamu (Stadium General) Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare diagendakan empat kali sesi.


Sesi pertama, elaborasi dua Prodi yakni Tadris Matematika dan Tadris IPA yang terlaksana Kamis, (11/11/2021). Sesi kedua, dilaksanakan pada hari Senin, (15/11/2021) aksentuasi pada elaborasi dua Prodi, yakni MPI dan PIAUD secara luring (offline). Sesi ketiga, dilaksanakan, Selasa (23/11/2021) aksentuasi pada elaborasi dua Prodi, yakni PAI dan TIPS secara daring (virtual). Sesi keempat, dilaksanakan, Rabu (01/12/2021) aksentuasi pada elaborasi dua Prodi, yakni PBA dan PBI secara daring (virtual).


“Sesi pertama pada Kuliah Tamu (Stadium General) hari ini, setiap sesi bersifat panel dua narasumber, nuansa dialogis interaktif bukan monolog, dan melahirkan rekomendasi,” lanjutnya.

Dr. Khalik juga menyampaikan tujuan dari kegiatan ini untuk menciptakan kesadaran kritis dan dialektis terhadap akselerasi ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya di era revolusi industri 4.0, terwujudnya atmosfer akademik dalam lingkungan kampus yang harmoni-humanis, mutu-profesional, dan profetis-religius serta terwujudnya tradisi akademik yang bebas dan merdeka, inklusif, objektif, apresiatif, dan visioner, dan berkembangnya network secara luas dengan sinergitas yang bersifat mutual simbiosisme dalam bidang tri dharma perguruan tinggi.


Terakhir, Dr. Khalik menyampaikan sasaran dan peserta kegiatan ini adalah seluruh civitas akademika IAIN Parepare, terkhusus pada Fakultas Tarbiyah, dan partisipan dari kampus lain.

Dalam pemaparan materi Prof. Dr. Toto Nusantara menyampaikan materi yang berjudul “Transformasi Pembelajaran Matematika di Era 4.0 ” dan dilanjutkan Oleh Prof. Dr. Siti Zubaidah, M. PD. Yang menyampaikan materi tentang Pembelajaran Biologi pasca Pandemi.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Tarbiyah H. Saepudin menerankan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang telah direncanakan di awal tahun sebagai wujud respons terhadap kebijakan pemerintah mengenai Kampus Merdeka, Merdeka Belajar.

“Saya berharap melalui kegiatan ini para civitas akademika IAIN Parepare, khusus Fakultas Tarbiyah yang mengikuti kegiatan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang bagaimana transformasi Pendidikan Matematika dan IPA untuk menjawab tantangan pada masa dan pasca pandemi di era merdeka belajar lewat materi yang akan disampaikan oleh kedua narasumber yang tentunya kualitas keilmuannya tidak diragukan lagi,” tutupnya. (Aras/Mif)

di dalam Berita
webadmin1 12 November, 2021