FUAD Taken MoA dengan Kemenag Sidrap dalam Penguatan Moderasi Beragama

19 Juli, 2022 oleh
Nur Aeni K

Humas IAIN Parepare- Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Parepare melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama (MoA) dengan Kementerian Agama (Kemenag) di Kantor Kemenag Sidrap, Selasa,(19/07/22). Perjanjian kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari implementasi isi nota kesepahaman (MoU) antara IAIN Parepare dan Kementerian Agama Kabupaten Sidrap sejak tahun 2019.

Ruang lingkup perjanjian kerja sama ini adalah penyelenggaraan dan penguatan bidang tridarma perguruan tinggi yang meliputi Praktik Pengalaman Lapangan Mahasiswa FUAD, Program pelatihan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, termasuk Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Dekan FUAD Dr. A. Nurkidam, M.Hum. mengemukakan bahwa kerja sama ini dirancang untuk membangun dan mendukung kegiatan tridarma, salah satunya kegiatan pengabdian terutama penguatan moderasi beragama dalam masyarakat.

“Kita berharap kehadiran kampus IAIN Parepare di wilayah Ajatappareng melalui kegiatan pengabdian dosen, dapat menjadi pilar-pilar dalam membangun moderasi beragama di masyarakat,” ungkapnya.


Sebagai bangsa yang multikultur perlu senantiasa membangun kerukunan untuk menghadirkan nuansa hubungan masyarakat yang selalu dilandasi kehidupan damai, saling mendukung, dan saling menghormati. Untuk itu, moderasi beragama sangat diperlukan sebagai strategi kebudayaan untuk menjaga kerukunan bangsa.

Salah satu program utama yang akan dilaksanakandalam kerja sama ini adalah Program Pembangunan Desa Sadar Kerukunan Umat Beragama. Dosen FUAD dapat melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui program tersebut.

Program ini disambut baik oleh Kepala Kementerian Agama Kab. Sidrap. “Semoga saya bisa terlibat secara aktif pada program Pembangunan Desa Sadar Kerukunan Umat Beragama (PDSKUB) di Kelurahan Amparita, terutama penguatan moderasi beragama pada remaja dan menyebarkan melalui tulisan, gambar, dan video praktik kerukunan di lokasi PDSKUB ini,” ungkap Kepala Kementerian Agama Kab. Sidrap. (Aen/Tin)

 

di dalam Berita
Nur Aeni K 19 Juli, 2022