Go Internasional, Mahasiswa IAIN Parepare Laksanakan MBKM di Amerika

13 September, 2023 oleh
mahyuddin

Humas IAIN Parepare_Muhammad Raehan Zaky, mahasiswa Prodi Bimbingan Konseling Islam (BKI) Fakultas Ushuluddin Adab dab Dakwah IAIN Parepare berhasil mendapatkan beasiswa MOSMA Kemenag untuk studi non gelar ke Amerika untuk jenjang S1. Program ini merupakan bagian dari implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Internasional di lingkup PTKIN.


Menurut Raehan, mata kuliah yang dipelajari dalam program ini telah diatur oleh universitas berdasar pada ulasan resume pendaftaran. Karena dasar bidang keilmuannya BKI, maka kampus memfasilitasinya masuk kuliah di Jurusan Psikologi.


Raehan berkisah, penugasan kuliah yang ia dapatkan selama kuliah di York College of Pennsylvania full melalui website kampus dan percakapan virtual melalui email dan website kampus, tanpa ada aplikasi atau platform lain.


"Paling tidak keseharian kami belajar di sini tidaklah bisa dijabarkan singkat, yang pastinya tidak ada waktu senggang yang lama," tambahnya.


Menurut Raehan, ada begitu banyak pengalaman berkesan yang ia dapatkan kuliah MBKM di Amerika seperti fitur dan aplikasi universitas yang lengkap, akses komputer, bis kampus, katering, fitness dan kolam berenang, serta bantuan edukatif antara lain writing center, student diversity, IT, volunteering, dan lainnya.


"Yang tidak kalah penting bertemu dengan orang-orang baru yang mana menantang kita dengan bahasa dan budayanya agar bisa beradaptasi" imbuhnya.


Rektor IAIN Parepare, Hannani menyambut sangat baik prestasi yang ditorehkan mahasiswa Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah tersebut, apalagi ini adalah pertama kalinya mahasiswa IAIN Parepare berhasil menembus kancah internasional program MBKM melalui beasiswa yang disediakan Kementerian Agama.

“Saya sangat bangga dan mendukung para mahasiswa terus berkompetisi. Melalui program ini diharapkan mahasiswa IAIN Parepare siap belajar dan berperan di kancah global dengan pengalaman belajar di perguruan tinggi kelas dunia di luar negeri”, ujarnya.

Program MBKM ini memiliki banyak keunggulan, di antaranya interaksi internasional yang intensif dan pemahaman antar budaya (cross-culture understanding) dari berbagai negara akan menambah wawasan, mengasah komunikasi bahasa internasional serta memperluas jaringan atau networking. 

MBKM Beasiswa MOSMA sendiri memberikan kesempatan yang sama bagi setiap mahasiswa untuk mengembangkan potensi yang dimiliki serta pengetahuannya lewat program pertukaran pelajar di universitas terkemuka dunia. Muhammad Raehan Zaky merupakan satu di antara penerima beasiswa program MBKM internasional dari jumlah 67 orang yang memilih ke Amerika.


“Harapannya semoga semakin banyak mahasiswa IAIN Parepare tahun berikutnya  yang mendaftar dan lolos, karena ini adalah kesempatan emas yang bisa saja tidak terulang kembali," harap Hannani (Mhy/Mif).



di dalam Berita
mahyuddin 13 September, 2023