Gunakan Nama UIN Anregurutta K.H. Abdul Rahman Ambo Dalle, Apa Kata Ahli Waris ?

7 Agustus, 2023 oleh
Suherman

Humas IAIN Parepare --- Keluarga besar Anregurutta K.H. Abdul Rahman Ambo Dalle memberikan persetujuan dan dukungan atas penyematan nama Anregurutta K.H. Abdul Rahman Ambo Dalle pada usulan perubahan bentuk IAIN Parepare menjadi UIN. Penggunaan nama UIN Anregurutta K.H. Abdul Rahman Ambo Dalle merupakan usulan dan hasil keputusan rapat senat IAIN Parepare.

H. Muh. Rasyid Ridha, anak kandung Anregurutta K.H. Abdul Rahman Ambo Dalle menyampaikan persetujuan dan dukungan tersebut pada saat Kepala Biro AUAK IAIN Parepare, H. Muhdin menemuinya di pondok pesantren Manahilil Ulum Addariyah Kaballangan, Jumat (4/8/2023). Bahkan ahli waris gurutta ini mengaku senang dan gembira atas keinginan Rektor dan civitas IAIN Parepare mengabadikan nama gurutta.

Persetujuan dan dukungan keluarga besar Anregurutta K.H. Abdul Rahman Ambo Dalle untuk penggunaan UIN Anregurutta K.H. Abdul Rahman Ambo Dalle dinyatakan secara resmi melalui surat penyetujuan yang ditanda tangani langsung oleh ahli waris atas nama H. Muh. Rasyid Ridha di atas materai sepuluh ribu.

Menurut H. Ridha, begitu sapaan akrabnya, sebagaimana yang tertulis dalam surat persetujuan yang dibuat, keputusan persetujuan yang diambil berdasarkan hasil musyarawah ahli waris pada tanggal 03 Agustus 2023 di Parepare. “Kami sekeluarga menyetujui pemberian nama UIN Anregurutta K.H. Abdul Rahman Ambo Dalle,” tegas H. Ridha dalam pernyataannya.


H. Muhdin yang memberikan keterangan secara terpisah menyatakan keluarga besar Anregurutta K.H. Abdul Rahman Ambo Dalle menyambut baik dan gembira atas usulan tersebut. “Keluarga gurutta merasa gembira dan bahagia. Mereka menyampaikan apresiasi dan terima kasih, khususnya kepada Rektor dan civitas academica IAIN Parepare atas inisiatif menggunakan nama gurutta,” kata Kepala Biro AUAK.

Bagi ahli waris, selain sebagai orangtua, Anregutta K.H. Abdul Rahman Ambo Dalle adalah ulama besar dan sangat berjasa kepada masyarakat, khususnya bagi umat Islam dan pendidikan di Sulawesi Selatan. Sehingga, menurutnya, memang layak diabadikan namanya pada IAIN atau UIN. “Apa lagi IAIN ini ada karena gurutta yang menghibahkan Universitas DDI dan menjadi filial IAIN Alauddin Ujung Pandang. Itu awalnya,” papar H. Muhdin menjelaskan.

Seperti pemberitaan sebelumnya, usulan perubahan bentuk IAIN Parepare menjadi UIN Anregurutta K.H. Abdul Rahman Ambo Dalle mulai menuai dukungan dari sejumlah tokoh dan pemerintah daerah, khususnya di wilayah Ajatappareng. Dukungan teranyar datang dari H. Taufan Pawe (Walikota Parepare), H. Andi Irwan Hamid (Bupati Pinrang) dan H. Muslimin Bando (Bupati Enrekang). Diperkirakan dukungan akan terus mengalir dari banyak pihak.

 

 

 

 

 

 

 


di dalam Berita
Suherman 7 Agustus, 2023