Hadapi MBKM Faktar Jajaki MoU Fakultas Agama Islam UMI

24 Desember, 2021 oleh
webadmin1

Humas IAIN Parepare– Fakultas Tarbiyah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dan menindaklanjuti program MBKM melakukan penjajakan kerja sama dengan Fakultas Agama Islam Universitas Muslim Indonesia. Kegiatan penjajakan kerja sama berlangsung, Jumat (17/12/2021) di Aula Pertemuan Fakultas Agama Islam Universitas Muslim Indonesia.


Hadir dalam kegiatan tersebut dari pihak UMI yakni, empat wakil dekan dan para ketua prodi di tingkat Fakultas Agama Islam, sedangkan dari Fakultas Tarbiyah terdiri dari dekan, dua wakil dekan, perwakilan ketua prodi dan panitia pelaksana.

Dekan Fakultas Agama Islam UMI Dr. H. Ahmad Hakim M.Ag menyampaikan bahwa Fakultas Agama memiliki enam program studi, tiga diantaranya terakreditasi A. Jumlah mahasiswa 1.700 orang dengan tenaga pengajar tujuh puluh dosen. Dekan Fakultas Agama sangat merespons baik kegiatan penjajakan kerja sama dengan Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare.

“Kerja sama ini tidak lepas dari Tri Dharma Perguruan Tinggi sehingga penjajakan kerja sama perlu ditindaklanjuti dengan pembicaraan di tingkat universitas untuk pengembangan kedua lembaga,” ujarnya.

Dekan Fakultas Tarbiyah Dr.H. Saepudin, M.Pd menyampaikan rasa terima kasih atas sambutan hangat dari Fakultas Agama UMI.

Lebih lanjut, Dekan Faktar menginformasikan bahwa Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare memiliki delapan program studi, satu diantaranya terakreditasi A dengan jumlah tenaga pengajar kurang lebih delapan puluh orang dan jumlah mahasiswa 2139 orang.

“Meyakini untuk menjadi sebuah perguruan tinggi ‘rujukan’, harus menggandeng perguruan tinggi yang sudah terlebih dahulu maju dan berkembang seperti, Universitas Muslim Indonesia untuk mendapatkan sharing informasi. Di samping itu, melakukan beberapa kerja sama yang menjadi implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang saling menguntungkan kedua belah pihak seperti, implementasi Kampus Merdeka melalui kegiatan pertukaran mahasiswa dan dosen, visiting lecturer, kolaborasi dalam bidang pendidikan penelitian dan pengabdian serta kerja sama kegiatan lembaga kemahasiswaan,” tutur Saepudin.

Dekan Faktar sangat berharap kegiatan penjajakan ini dapat ditindaklanjuti dalam bentuk MoU ditingkat Institut/universitas.

“Semoga kegiatan penjajakan ini dapat ditindaklanjuti dalam bentuk penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di tingkat institut/universitas yang nantinya menjadi payung hukum dalam pelaksanaan MoA dan LoA,” harap Saepudin.

Di akhir acara dilakukan pertukaran cenderamata antara Fakultas Agama Islam UMI Makassar dan Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare. (Ars/Mif)

di dalam Berita
webadmin1 24 Desember, 2021