Hadiri Kuliah Umum di IAIN Parepare, Guz Fais Akui dapat Inspirasi Baru

26 Januari, 2023 oleh
Hayana

Humas IAIN Parepare--- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare melaksanakan kuliah umum dirangkaikan dengan peringatan Isra’ Miraj Rasulullah saw. Kegiatan yang dihadiri mulai dari internal kampus hingga eksternal kampus ini dilaksanakan di lantai 5 Aula Perpustakaan IAIN Parepare, Kamis (26/1/2022) 

Narasumber pada kegiatan tersebut adalah K.H. Muhammad Faiz Syukran Makmur Lc, M.A. Ia merupakan anak dari K.H.Syukran Makmur yang berasal dari Madura tapi berdomisili di Jakarta. K.H. Muhammad Faiz Syukran Makmur yang akrab disapa Guz Faiz aktif mengasuh pondok pesantren Darul Rahman dan juga aktif di Nahdatul Ulama (NU).

Guz Faiz mengaku tema kuliah umum "Reaktualisasi Peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad saw. sebagai Penguatan Pendidikan Karakter" membuatnya mendapatkan inspirasi baru.

“Setiap kali kita membaca peristiwa Isra’ Miraj maka kita akan mendapatkan pengalaman baru, wawasan baru, pencerahan baru. Apa buktinya? Buktinya saya. Ceramah saya di IAIN Parepare ini dicari di youtube, facebook, Instagram tiktok itu tidak ada. Karena terus terang saya baru saja dapat inspirasi di IAIN Parepare,” ucapnya.

Menurutnya, ketika seseorang membaca peristiwa Isra’ Miraj maka orang tersebut harus mencari manfaat yang bisa digunakan dalam keseharian termasuk hal yang bisa diamalkan dalam konteks mempelajari Isra’ Miraj.

Guz Fais menjelaskan berbagai hikmah yang bisa dipetik di balik bertemunya Rasulullah dengan Nabi Adam yakni selalu mengingat asal muasal di mana manusia berasal dan pertemuan Rasulullah dengan Nabi Yahya agar manusia selalu percaya dengan doa dan tidak berputus asa dari rahmat Allah Swt.

Guz Faiz juga menerangkan puncak prestasi manusia. “Puncak prestasi itu kalau bisa menjadi hamba di hadapan Allah Swt.,” ucapnya.
Ia juga berpesan kepada mahasiswa. “Ada yang dibutuhkan oleh manusia selain usaha lahiriyah yaitu ada usaha batiniah,” ucapnya yang disambut antusias audiens.

Kedatangan Guz Faiz di IAIN Parepare didampingi langsung oleh Ketua Tanfidziyah PCNU Sidrap, Ustaz Muhammad Yusuf. Usai kegiatan, Guz Fais segera bertolak ke Jakarta. (hyn/tin)

di dalam Berita
Hayana 26 Januari, 2023