HMPS BKI Kunjungan ke SLB Negeri I Makassar

5 Oktober, 2023 oleh
mifdahilmiyah

Humas IAIN Parepare- Senin, (02/10/20230) Himpunan Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Islam (HMPS BKI) IAIN Parepare melaksanakan kunjungan ke SLB Negeri 1 Makassar. Kegiatan kunjungan ini diikuti oleh 23 Pengurus HMPS BKI yang terdiri dari mahasiswa semester 5 dan 3, serta I Dosen Pendamping dari BKI Nur Afiah.


Dupriani selaku Pjs Ketua HMPS BKI menjelaskan kunjungan ini dilaksanakan dengan tujuan menambah wawasan keilmuan terhadap dunia konseling dengan memilih wadah pembelajaran di sekolah anak berkebutuhan khusus. 


“Semoga dengan kegiatan ini kita bisa mengambil pembelajaran terhadap semangat adik-adik dalam mengenyam pendidikan, dan juga kami bisa belajar mengenai kesabaran dari pendidik-pendidik yang sangat berlapang dada menghadapi peserta didik yang diberi keistimewaan ini,” ucap Dupriani.



Sekolah SLB Negeri 1 Makassar ini merupakan SLB terbesar yang ada di Sulawesi Selatan dengan jumlah siswa terbanyak di seluruh Indonesia. Terdapat lima kelas yang membagi anak berdasarkan kebutuhannya, seperti kelas A (Tunanetra), B (Tunarungu), C (Tunadaksa), D (Tunagrahita) dan E (Autis). Selain itu, SLBN 1 Makassar menggambungkan tiga jenjang pendidikan di dalamnya, yakni Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).


Dari kunjungan tersebut, penguru HMPS dan dosen pendamping berkesempatan untuk memasuki setiap kelas yang telah ada dengan berkelompok agar tidak mengganggu proses pembelajaran yang berlangsung. Hal ini dilakukan agar pengurus mampu mengamati atau mengobservasi bagaimana anak-anak SLB melangsungkan proses belajar mengajar.


“Kegiatan seperti  ini harus dilakukan secara berkesinambungan, mengingat proses belajar tidak hanya dalam kelas tapi melihat kondisi di lapangan. Selain mengamati, kunjungan ini juga melatih empati mahasiswa sebagai calon konselor. Semoga kegiatan HMPS BKI pada pengurusan selanjutnya bisa melakukan hal yang sama dan dijadikan sebagai kegiatan tahunan Prodi BKI,” ungkap Nur Afiah. (bki/mif)

di dalam Berita
mifdahilmiyah 5 Oktober, 2023