HMPS Manajemen Keuangan Syariah Gelar Festival dan Expo, Libatkan Siswa-Siswi se-Ajatappareng

18 Desember, 2023 oleh
Nur Aeni K

Humas IAIN Parepare--- Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS)  Manajemen Keuangan Syariah (MKS) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare menggelar kegiatan Femkes (Festival & EXPO Manajemen Keuangan Syariah). Bertempat di Balai Seni IAIN Parepare, Jumat (15/12/2023).

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini mengusung tema “Eksistensi Literasi Keuangan Di Era Society 5.0” Kreatif dalam Mengelola, Progresif dalam Bertindak.  Adapun yang hadir dalam pembukaan yaitu, Dekan Fakultas FEBI, Ketua Prodi MKS, SEMA-F FEBI, DEMA-F FEBI, HMPS se-FEBI, para guru SMA/MA  sederajat dan mahasiswa Prodi Manajemen Keuangan Syariah.

Menurut laporan Ketua Panitia, Muhammad Aljazary, kegiatan ini ada dua bidang lomba, yaitu bidang akademik dan non akademik.  Adapun kategori lomba di antaranya lomba analisis keuangan, lomba debat ekonomi, lomba pidato bahasa Inggris, lomba tenant terbaik, lomba sekolah terfavorit dan  lomba mobile legend.

“Jumlah keseluruhan peserta kurang lebih 320 peserta, terdiri dari beberapa tim. Setiap cabang lomba yang menjadi peserta dalam kegiatan ini  dari SMA/MA sederajat, mahasiswa baru prodi MKS, dan terbuka untuk umum, ” ujarnya saat memberikan laporan.


Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan ruang kepada seluruh peserta untuk berkreasi, berekpresi dan berprestasi pada setiap bidang lomba. Harapannya, selain berdampak positif dan mengembangkan kreativitas mahasiswa, juga memberikan pemahaman literasi keuangan di era society 5.0. Pemahaman literasi ini meningkatkan pemahaman dan kesadaran siswa/siswi maupun mahasiswa dan masyarakat tentang pentingnya pengelolaan keuangan pribadi, investasi, dan penggunaan teknologi finansial.

“Harapan saya, semoga kegiatan ini memberikan banyak manfaat dan dampak positif bagi kita semua, dan semoga dari kegiatan ini dapat melahirkan bibit-bibit yang unggul yang akan menjadi penerus bangsa kelak,” harap Muhammad Aljazary.

Sementara itu, Ketua Program Studi MKS Nurfadillah mengungkapkan sangat mendukung dengan terlaksananya festival ini, sebab Femkes Expo merupakan kegiatan rutin yang setiap tahun diadakan Prodi MKS dan melibatkan siswa-siswi dari SMA se-Ajatappareng serta masyarakat sekitar Kota Parepare.

“Festival ini memang sengaja dilaksanakan menjelang masa penerimaan maba dengan tujuan melalui kegiatan ini Prodi MKS akan lebih banyak dikenal oleh masyarakat luas, khususnya siswa-siswi SMA yang sebentar lagi akan melanjutkan ke jenjang kuliah,” tuturnya.

“Semoga kegiatan ini akan terus dilaksanakan sehingga dapat memberikan manfaat bagi kampus IAIN Parepare dan Prodi MKS pada khususnya,” harapnya, lagi. (jie/aen/mif)


di dalam Berita
Nur Aeni K 18 Desember, 2023