HMPS TIPA Gelar Retina Sains, Kades Lagading: Terima Kasih Pengabdiannya

27 Agustus, 2023 oleh
mifdahilmiyah

Humas IAIN Parepare- Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (HMPS TIPA) Fakultas Tarbiyah (Faktar) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare menggelar kegiatan Retina Sains (Real Action to Applying Sains) dengan tema "Meningkatkan Potensi Sumber Daya Mahasiswa TIPA yang Berdedikasi serta Beredukasi kepada Masyarakat".


Kegiatan ini dimulai, Minggu-Sabtu (13-26/08/2023) berlangsung di Desa Lagading, Kecamatan Pitu Riase, Kabupaten Sidrap. Kegiatan itu melibatkan Dosen Tadris IPA, jajaran pengurus HMPS dan panitia serta mahasiswa Tadris IPA.


Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat. Dalam pelaksanaan kegiatannya, HMPS TIPA memiliki beberapa target sasaran di antaranya membantu masyarakat Desa Lagading, melakukan program kemitraan masyarakat oleh Dosen Tadris IPA, melakukan sosialisasi mengajar di sekolah serta melakukan kolaborasi dengan warga Desa Lagading dalam merayakan HUT RI ke 78 tahun di Desa Lagading.




Muh. Ryamizard, Ketua Panitia Retina Sains mengungkapkan, kesannya selama melakukan pengabdian di Desa Lagading


"Selama melakukan kegiatan pengabdian Retina Sains di Desa Lagading ini, saya merasa bahwa ternyata apa yang dikatakan orang lain itu tidak selamanya benar. Saya sempat mendengar bahwa mengabdi di masyarakat itu susah dan merepotkan. Tapi ternyata setelah merasakan langsung mengabdi ke masyarakat, semua perkataan buruk orang lain mengenai mengabdi ke masyarakat itu berbanding terbalik dengan apa yang saya rasakan. Saya berharap dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan manfaat untuk kami mahasiswa dan juga dapat meninggalkan kesan yang baik dimata masyarakat," ungkapnya.


Sementara, Ketua Umum HMPS TIPA, Sartika mengungkapkan kegiatan ini berjalan melebihi eKspektasinya.


"Kegiatan yang berlangsung selama 14 hari ini berjalan dengan lancar dan melebihi ekspektasi saya. Pemerintah Desa maupun masyarakat Desa Lagading menyambut kami dengan sangat baik. Dengan kegiatan ini saya berharap agar sekiranya apa yang kami lakukan bisa bermanfaat dan meninggalkan kesan baik di hati masyarakat Desa Lagading," tuturnya.




Ketua Program Studi Tadris IPA Andi Aras mengungkapkan apresiasinya kepada HMPS TIPA.


"Saya mengapresiasi pengabdian yang dilakukan kegiatan HMPS Tadris IPA di Desa Lagading melalui kegiatan Retina Sains, tentunya memberikan banyak nilai positif baik dalam membantu permasalahan masyarakat maupun dalam pengembangan diri mahasiswa. Retina Sains menjadi ikon Tadris IPA untuk selalu berkontribusi pada masyarakat dengan memberikan solusi atas permasalahan lingkungan baik di sekolah maupun di tengah-tengah masyarakat," ungkapnya.


Abdullah, Kepala Desa Lagading mengucapkan terima kasih atas kehadiran HMPS TIPA di Desa Lagading. "Pertama-tama, ucapan terima kasih atas kehadiran Adik-Adik di sini dalam rangka pengabdian. Pesan kami selaku pemerintah desa bahwa sekiranya setelah kegiatan ini bisa mendapatkan berkah kepada adik-adik sekalian dan juga sebagai bahan dalam menjalani pendidikan yang sekarang ini serta bisa bermanfaat kepada adik-adik," tuturnya.


Lebih lanjut, dia menambahkan kesannya terhadap kegiatan ini. "Kesan kami tentu sangat menggembirakan atas kehadiran Adik-Adik disini, karena sangat bermanfaat untuk masyarakat Desa Lagading. Dapat memberikan contoh tentang bagaimana hidup bersih, bagaimana mencintai alam yang sesungguhnya. Selain itu, kami selaku pemerintah desa meminta maaf apabila ada hal yang tidak sesuai dengan harapan adik-adik sekalian," tutupnya. (ska/mif)

di dalam Berita
mifdahilmiyah 27 Agustus, 2023