IAIN Parepare Jadi Pilot Project Zona Integritas (ZI) WBK-WBBM tahun 2023

19 Januari, 2023 oleh
Hayana

Humas IAIN Parepare – “IAIN Parepare salah satu satuan kerja yang ditetapkan Kementerian Agama sebagai pilot project pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK-WBBM) tahun 2023,” papar Hannani.

Pernyataan tersebut disampaikan Rektor IAIN Parepare ini pada saat Rapat Koordinasi Tim kerja Pengembangan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK – WBBM) IAIN Parepare, Kamis (18/01/2023).

“Kita termasuk pilot project ZI-WBK WBBM yang ditetapkan Kemenag dari 58 PTKIN. Jadi kita harus siapkan diri dari sekarang. Sewaktu-waktu kita dipanggil ke pusat, maka kita sudah siap,” papar Hannani memberi arahan pada rapat tersebut.

“ZI – WBK sangat penting dan bermanfaat bagi kampus. Selain meningkatkan kepercayaann publik melalui tata kelola yang baik dan bersih, lembaga yang meraih ZI – WBK akan memperoleh insentif berupa pemberian tambahan dana dari pusat, termasuk di dalamnya berdampak pada peningkatan kesejahteraan pegawai,” papar Hannani.

Rapat tim kerja ZI – WBK WBBM yang dipusatkan di Fly Over Lanta 3 Rektorat dipimpin langsung Kepala Biro AUAK H. Muhdin, yang sekaligus sebagai Ketua tim kerja ZI – WBK WBBM IAIN Parepare. H. Muhdin menguraikan beberapa tahapan dan agenda yang harus dipersiapkan oleh tim.

“Ada beberapa bidang yang harus disiapkan dan dikerjakan oleh tim. Di antaranya, bidang organisasi dan manajemen perubahan, bidang sumber daya manusia dan mental aparatur, tata laksana, peraturan perundang-undangan, akuntabilitas, pengawasan dan pelayanan publik,” kata H. Muhdin.

“Jadi persiapan untuk pengembangan ZI – WBK WBBM cukup kompleks. Banyak dokumen dan program yang harus disiapkan,” ungkapnya. Salah satunya yang tidak disebutkan di atas, yaitu pelayanan pengaduan masyarakat dan whistleblowing system . Layanan pengaduan ini wajib kita sediakan sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas,” tambahnya.

Tim kerja Pengembangan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK – WBBM) IAIN Parepare dibentuk berdasarkan SK Rektor nomor 144 tahun 2023 dan di Ketua oleh H. Muhdin, Wakil Ketua, Firman, dan Sekretaris dijabat oleh Muhammad Arsyad. (Shm/Mif)

di dalam Berita
Hayana 19 Januari, 2023