Implementasikan MoU, Kaprodi PBA Jadi Narasumber di IAIN Ternate

16 Juli, 2022 oleh
Nur Aeni K

Humas IAIN Parepare- Muhammad Irwan, M.Pd.I., Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare menghadiri kegiatan Seminar Stimulasi Metode Pembelajaran Bahasa Arab yang dilaksanakan oleh Prodi PBA Fakultas Tarbiyah IAIN Ternate, Sabtu (17/07/2022).

Turut hadir dalam kegiatan ini, praktisi pendidikan bahasa Arab Dr. Saifuddin Zuhri, M.Ag dari Pondok Baitussalam Jawa Barat, Ketua Prodi PBA Fakultas Tarbiyah IAIN Ternate Sugirma, M.Pd.I dan Agustang. K. M.Pd.I, yang keduanya merupakan Tim PKM PBA Fakultas Tarbiyah IAIN Ternate.

Kehadiran dosen IAIN Parepare pada kegiatan ini salah satu wujud implementasi MoU antara Prodi PBA IAIN Parepare dan PBA IAIN Ternate yang sebelumnya telah ditandatangani oleh kedua pihak.

“Kehadiran saya sebagai pemateri di IAIN Ternate ini berdasarkan surat tugas dari Rektor IAIN Parepare,” tutur Muhammad Irwan.


Muhammad Irwan mengungkapkan bahwa ia menghadiri kegiatan tersebut dalam rangka memantapkan kerja sama di bidang Tridarma yang selama ini telah dijalin oleh kedua kampus di bawah Kementerian Agama tersebut.

Sementara itu, Sugirma menuturkan acara ini bertujuan meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab di lingkungan IAIN Ternate, khususnya keterampilan mengajar mahasiswa dan alumni IAIN Ternate.

 “Kami sengaja mengundang pemateri dari Indonesia Barat dan Tengah dalam satu panggung agar bisa menjadi pemicu dan penguat motivasi bagi mahasiswa dan alumni untuk tetap mengembangkan diri dalam pembelajaran bahasa Arab,” jelasnya.

Seminar ini mengangkat tema ” Stimulasi Pembelajaran Bahasa Arab “. Masing-masing pemateri memaparkan berbagai strategi, trik dan metode inovatif dalam pembelajaran bahasa Arab.

i hari kedua, kegiatan ini akan dilanjutkan dengan simulasi kegiatan perkampungan bahasa Arab yang dibawakan oleh Muhammad Irwan, M.Pd.I. Ia bertindak sebagai trainer pada sesi Tadribul Mudarribin atau pelatihan instruktur. (Aen/mif)


di dalam Berita
Nur Aeni K 16 Juli, 2022