Inovasi JF Keuangan Tendik  : Permintaan Barang, Semudah Belanja di Minimarket dan Toko online

17 Februari, 2023 oleh
Hayana

Humas IAIN Parepare – Jabatan Fungsional (JF) Tenaga Kependidikan (Tendik) bagian Keuangan bersama Unit Pelaksana Teknis (UPT) Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) menyiapkan Aplikasi Persediaan berbasis point of sale (POS) terintegrasi e-commerce di Room Smart, Rabu (15/02/2023).



Upaya ini merupakan follow-up dari proyek perubahan, aktualisasi dan inovasi dari Jabatan Fungsional (JF) Tenaga Kependidikan (Tendik) bagian Keuangan Muh. Jafar, Muhammad Ishak dan Rahmatullah Ilyas yang didukung dari sisi sistem oleh UPT TIPD.

Aplikasi Persediaan ini, aplikasi yang diperuntukan bagi unit-unit di IAIN Parepare khususnya pengelola persediaan dengan tujuan memberikan kemudahan pengelolaan stok dan permintaan barang keperluan operasional kantor, misalnya barang habis pakai, seperti alat tulis kantor dan barang tak habis pakai, seperti komponen peralatan.

Kini unit-unit di IAIN Parepare dapat melakukan permintaan barang di depan mesin kasir atau dikenal dengan sebutan point of sale (POS) dan juga bertransaksi secara online atau e-commerce.

Permintaan barang secara offline dilakukan dengan mengunjungi Room Smart kemudian barang akan diproses di kasir. Sedangkan permintaan barang secara online dapat dilakukan pada laman https://eis.iainpare.ac.id/shop dengan cara menambahkan barang ke dalam keranjang kemudian checkout.


Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan (AUAK) IAIN Parepare Muhdin mengapresiasi upaya yang dilakukan dalam rangka transformasi digital.

“Kami menyampaikan apresiasi kepada Pengelola Persediaan dalam upaya transformasi digital yang dilakukan di mana salah satu tujuan digitalisasi, yaitu harus mudah diakses, mudah dipantau, dan mudah memberi informasi,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Muhdin berharap aplikasi ini segera launching sehingga mendukung pembangunan Zona Integritas.

“Harapannya, kalau bisa bulan ini aplikasinya sudah beroperasi agar mendukung pembangunan Zona Integritas dalam mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani yang akan dideklarasikan, Jumat (17/02/2023),” sambungnya. 

Segera setelah adanya surat keputusan dari Rektor menyangkut pemberlakuan aplikasi maka Aplikasi Persediaan akan launching. (amw/mif)






di dalam Berita
Hayana 17 Februari, 2023