Jawab Kurangnya Ruang Partisipatif di IAIN Parepare, KAPASITAS Ajak Mahasiswa diskusi Isu terkini

17 November, 2021 oleh
webadmin1

Humas IAIN Parepare-Orientasi KAPASITAS (Kajian Partisipatif Mahasiswa untuk Masyarakat diadakan di gedung H FUAD sebagai salah satu rangkaian kegiatan aktualisasi/habituasi Latsar CPNS 2021. KAPASITAS diinisiasi oleh Selvy Anggriani Syarif (dosen CPNS FUAD).

Kegiatan yang diadakan pada tanggal 11-12 November 2021 ini melibatkan sejumlah mahasiswa Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah IAIN Parepare dari beberapa program studi. Dengan menggunakan metode pembelajaran partisipatif, orientasi ditujukan untuk membiasakan peserta selalu terlibat aktif dan mampu berpikir kritis melihat isu terdekat di sekitarnya.


Selvy menjelaskan, “Kegiatan ini hadir sebagai rancangan aktualisasi/habituasi Latsar CPNS untuk menjawab isu kurangnya ruang partisipatif bagi mahasiswa membahas isu sosial terkini dalam masyarakat.”


KAPASITAS dilaksanakan dalam beberapa tahapan. Setelah orientasi dilaksanakan, peserta akan melakukan kajian data dan literatur terkait “Anak Muda Melihat Ruang Publik di Parepare.” Selanjutnya, hasil kajian digunakan menyusun sejumlah rekomendasi yang akan dibagikan dalam diskusi publik.

Dalam diskusi publik nanti , selain pemaparan hasil kajian dan rekomendasi, juga akan ada beberapa pembicara yang membahas gambaran terkait isu yang diangkat. Diharapkan kegiatan ini akan berumur panjang, agar mahasiswa dapat lebih aktif menjadi problem solver atas permasalahan sosial pada masyarakat. (An/Tin)

di dalam Berita
webadmin1 17 November, 2021