Kajian Rutin PSGA Kerja Sama DWP Bahas Perempuan dalam Perspektif Islam

9 Februari, 2023 oleh
Hayana

Humas IAIN Parepare--- Peran dan tanggung jawab perempuan dalam perspektif Pendidikan Islam menjadi tema dalam kajian rutin yang dilaksanakan oleh Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) LP2M IAIN Parepare, Selasa (07/02/2023).



Mengawali kajian, Kepala Pusat Studi Gender dan Anak Hj. Nanning mengungkapkan kajian rutin kali ini bekerja sama dengan Dharma Wanita Persatuan (DWP) IAIN Parepare yang dilaksanakan di Aula Perpustakaan. Kegiatan ini dihadiri narasumber Hj. Hamdanah juga peserta kajian para anggota DWP, para dosen dan tenaga kependidikan (tendik) IAIN Parepare.



Hamdanah menguraikan mengapa isu perempuan sangat penting dibahas, di antaranya perempuan rentan menjadi korban terhadap kasus-kasus kekerasan, perempuan dianggap tidak mampu melaksanakan kompetisi di berbagai bidang pembangunan padahal perempuan memiliki peran strategis dan beban ganda perempuan.

Hamdanah juga mengungkapkan para ibu-ibu yang sudah berumah tangga agar tidak berkecil hati jika mengerjakan berbagai beban tanggung jawab pekerjaan rumah. Menurutnya, semakin banyak pekerjaan yang bisa dilakukan, maka semakin besar pahala yang akan diperoleh.

“Sebaik-baik perhiasan dunia ialah wanita salehah,” ucap Hamdanah, menyebut salah satu hadis tentang perempuan.



Di akhir acara, Hamdanah menyarankan agar kajian rutin selanjutnya diadakan dengan mengajak para peserta untuk menjadi narasumber dalam bentuk diskusi sesuai dengan bidang keahlian dan tema yang diangkat. Saran tersebut juga didukung oleh Ketua Senat IAIN Parepare Hj. Siti Aminah yang turut hadir dalam kegiatan. (hyn/mif)



di dalam Berita
Hayana 9 Februari, 2023