Keindahan Lokasi KKN Posko 10 Desa Pujananting

8 April, 2023 oleh
fikruzzamansaleh

Humas IAIN Parepare--Gunung merupakan salah satu wilayah yang mempunyai berbagai macam potensi wisata alam, seperti hutan pinus, air terjun, serta bukit. Tidak terkecuali, Desa Pujananting, salah satu desa yang menjadi tempat salah satu posko KKN IAIN Parepare Tahun 2023. 

 Desa Pujananting merupakan desa yang bertempat di Kecamatan Pujananting Kabupaten Barru. Daerah ini memiliki dua potensi alam yang sangat indah, tetapi belum terlalu terekspos dan belum diketahui banyak orang. Kedua tempat tersebut memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri yang tentu akan menjadi pilihan saat berwisata. 



Pert​ama, Air Terjun Kembar. Air Terjun ini berlokasi di Dusun Barang, dusun paling luar Desa Pujananting dan berbatasan langsung dengan Desa Pattappa. Untuk menjangkau wisata alam yang satu ini, pengunjung harus melewati penurunan sepanjang sekitar 100 meter. Medan yang dilewati cukup ekstrem karena penurunan yang dilalui cukup curam dan terkadang jalanannya licin.

Namun, semua kesulitan yang dilalui pengunjung akan terbayarkan dengan keindahan yang akan didapatkan ketika melihat air terjun kembar. 

“Air Terjun ini diberi nama air terjun kembar dikarenakan terdapat dua sumber air terjun yang berdekatan dan ketika melihatnya kita seolah-olah melihat air terjun yang kembar," ungkap Rian salah seorang pemuda Desa Pujananting.

 Selain dua sumber air terjun tersebut, terdapat beberapa air terjun di sekitar sumber air terjun utama. Tidak hanya itu,  terdapat sungai yang dapat ditempati mandi dan tebing-tebing batu yang dapat dijadikan spot untuk berfoto. 


Kedua, Bukit Jeppukang. Bukit ini bertempat di Dusun Punranga. Untuk pergi ke bukit ini, pengunjung harus melalui jalan poros yang menghubungkan antara Desa Pujananting dan Desa Gattareng. Sama halnya dengan Air Terjun Kembar, untuk pergi ke sini pengunjung harus melalui medan yang  sulit.  Pengunjung harus mengendarai motor dan melalui pendakian yang  berbatu. Setelah sampai di jalan masuk  bukit, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 400 meter untuk sampai di bukit utamanya.

Di Bukit Jeppukang ini terdapat beberapa gazebo yang  dapat ditempati untuk melihat pemandangan. Pemandangan di bukit ini sangat indah. Di bukit ini pengunjung bisa melihat keseluruhan wilayah dari Dusun Punranga. Selain pemandangan dari Dusun Punranga, di sini juga pengunjung bisa melihat sawah yang terhampar dengar indah. Semua keindahan itu akan membayar keletihan yang didapatkan selama perjalanan. Selain untuk melihat pemandangan, bukit ini juga dijadikan sebagai tempat melaksanakan kemping. Terdapat tanah lapang yang berdekatan dengan gazebo.

Muhammad Yusuf salah seorang mahasiswa KKN IAIN Parepare 2023 yang ditempatkan di Desa Pujananting mengatakan bahwa Desa Pujananting memiliki potensi pariwisata yang dapat dikembangkan. 

“Saya sebagai mahasiswa yang berasal dari Program Studi Pariwisata Syariah IAIN Parepare merasa banyak sekali potensi pariwisata yang dapat dikembangkan di Desa Pujananting ini, tidak hanya Air Terjun Kembar dan Bukit Jeppukang”.

Sementara itu, Rinaldi (Koordinator Desa Posko 10 Desa Pujananting) merasakan tertantang. 

'Kita sebagai mahasiswa yang ditempatkan KKN di daerah yang memiliki banyak potensi alam tentunya memiliki banyak tantangan untuk membantu mempromosikan berbagai wisata alam yang belum banyak diketahui oleh orang-orang di luar desa, ”ungkapnya.


Kedua potensi alam ini merupakan keunggulan wisata yang dapat dikembangkan di Desa Pujananting. Masih banyak hal yang perlu dibenahi untuk mengembangkan potensi alam ini. Salah satunya adalah jalanan yang dilalui ketika pengunjung ingin mengunjungi tempat wisata ini. Selain itu, walaupun memiliki banyak potensi alam, tanpa adanya kesadaran penduduk setempat tentunya akan susah untuk mengembangkan potensi alam yang tersedia.


Pengembangan pariwisata yang seperti akan memberikan banyak keuntungan untuk desa maupun untuk para penduduk setempat. Dengan adanya pariwisata yang mumpuni, desa akan sering dikunjungi oleh orang yang ingin berwisata. Hal ini tentunya juga akan menambah pemasukan untuk desa maupun untuk UMKM setempat. 

“Tahun ini, Desa Pujananting sudah mendapatkan SK Desa Wisata dari pemerintah negara. Hal ini tentunya akan menjadi kesempatan untuk menindaklanjuti secara serius tentang pengembang pariwisata yang ada di Desa Pujananting, ” ungkap Abdul Rahman, S.Pt. Kepala Desa Pujananting dalam salah satu pidatonya.(fzs/Tin)

di dalam Berita
fikruzzamansaleh 8 April, 2023