Kembangkan Layanan Kesehatan Mahasiswa, LPM Jajaki Kerja Sama dengan BPJS dan Dinas Kesehatan Kota Parepare

26 Februari, 2024 oleh
mahyuddin

Humas IAIN Parepare_Pusat Pengembangan Mutu, Karier Mahasiswa dan Alumni (P2MKMA) di bawah Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Parepare melakukan penjajakan kerja sama untuk penyediaan layanan kesehatan mahasiswa, Kamis (22/02/2024) di Kantor BPJS Cabang Parepare dan Dinas Kesehatan Kota Parepare.

Mahyuddin, Kepala Pusat P2MKMA mengatakan kegiatan penjajakan kerja sama ini merupakan suatu upaya untuk menghadirkan layanan kesehatan di IAIN Parepare.

“Kampus IAIN Parepare memang belum memiliki klinik kesehatan namun berbagai upaya dapat dilakukan dalam rangka pengembangan layanan kesehatan mahasiswa, salah duanya bekerja sama dengan pihak BPJS dan Dinas Kesehatan Kota Parepare,” ungkapnya.

Mahyuddin memaparkan bahwa kerja sama dengan BPJS akan mendorong layanan kesehatan kampus minimal membantu mahasiswa  dalam meningkatkan pemahaman terkait program-program BPJS seperti JKN. Adapun kerja sama dengan Dinas Kesehatan untuk bermitra melalui serangkaian program  layanan yang lebih luas, mencakup aspek layanan yang bersifat promotif-preventif, edukatif, dan sosial.

Sementara itu, Fuad Guntara yang juga ketua Career Development Center (CDC) IAIN Parepare melakukan audiensi dengan pihak Dinas Kesehatan Kota Parepare.  Penjajakan kerja sama  tersebut untuk mendorong kemitraan dengan Dinas Kesehatan Kota Parepare dalam  memberikan fasilitas kesehatan penunjang yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa.

LPM sendiri di bawah P2MKMA dan Tim CDC akan melaksanakan program Co-Host (Connecting Health for Students). Agenda ini akan dilaksanakan pada awal Maret mendatang. Rencana pelaksanaan kegiatan ini akan mengundang pihak BPJS Cabang Parepare dan Dinas Kesehatan Kota Parepare untuk menjadi narasumber yang akan dirangkaikan dengan penandatangan MoU.

Nantinya layanan kesehatan tersebut akan berfokus pada isu-isu penting yang dihadapi oleh komunitas mahasiswa, seperti kesehatan reproduksi, kesehatan mental, pengendalian penyakit infeksi, dan membangun pola hidup sehat bagi mahasiswa termasuk pemeriksaan kesehatan gratis bagi mahasiswa (Mhy/Mif).




di dalam Berita
mahyuddin 26 Februari, 2024