Komitmen Tingkatan Kualitas Pembelajaran, Dosen Serumpun Mata Kuliah Institut Laksanakan FGD Penyusunan RPS Berbasis OBE

7 Oktober, 2023 oleh
mahyuddin

Humas IAIN Parepare_Pusat Kurikulum dan SDM pada Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) melaksanakan kegiatan Focus Group Discussin (FGD) terkait penyusunan dan penyeragaman RPS berbasis OBE, Kamis, (05/10/2023) di Ruang Akreditasi LPM.

Kegiatan ini merupakan kegiatan tindak lanjut pertemuan dosen serumpun secara khusus para dosen yang mengampu mata kuliah institut.

Wakil Rektor I Bidang APK, H. Saepudin mengatakan Kegiatan penyusunan RPS OBE serumpun ini merupakan komitmen bersama untuk terus melakukan peningkatan kualitas pembelajaran.

"Perlu ada keseragaman RPS yang sesuai standar agar mudah ketika dilakukan asesmen terkait standar pembelajaran," ungkapnya.

Sementara itu, Nurleli, Kepala Pusat Kurikulum dan SDM mengatakan, untuk tahap pertama ini kegiatan FGD dikhususkan untuk penyusunan RPS OBE rumpun mata kuliah institut seperti Ilmu akidah, ilmu akhlak, ulumul Al-Qur'an, ulumul hadis, dan fiqhi ibadah. 

Dalam kegiatan ini, masing-masing kelompok serumpun mata kuliah tersebut melakukan penyamaan persepsi sub-CPMK, materi pembelajaran, referensi, Metode pembelajaran, dan bentuk evaluasi yang sudah Berbasis OBE.

Setelah ada penyeragaman RPS ditingkat institut, ke depan diharapkan semua mata kuliah serumpun juga melakukan penyeragaman serupa. LPM sendiri, senantiasa mendorong dan berkomitmen agar kualitas pembelajaran semakin baik berjalan di semua fakultas. langkah awalnya dengan ditunjang RPS yang baik.

"Penyusunan RPS OBE mata kuliah institut telah didahului oleh kegiatan FGD perumusan CPL mata kuliah institut, sehingga harapannya CPL tersebut secara seragam akan dimasukkan dalam dokumen kurikulum semua program studi" ujar Nurleli (Mhy/Mif).


di dalam Berita
mahyuddin 7 Oktober, 2023