Konsorsium Pusat Bahasa PTKI Adakan Rapat Kerja Peningkatan Fungsi UPT Bahasa

6 September, 2023 oleh
ameliawulandari

Humas IAIN Parepare---Sesuai dengan tugas dan fungsi UPT Bahasa untuk meningkatkan kualitas pada segi bahasa baik bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa Arab, serta bahasa Bugis di IAIN Parepare. Kepala UPT Bahasa selalu berinovasi untuk menyusun program kerja baru dengan turut serta sebagai anggota Konsorsium Pusat Bahasa PTKI. Visi dari Konsorsium Pusat Bahasa PTKI yaitu menjadi konsorsium Pusat Bahasa yang unggul untuk mendukung cita- cita PTKI menjadi bagian dari World Class University yang memiliki kesamaan dengan tujuan UPT Bahasa di IAIN Parepare.

Sebagai salah satu Anggota Konsorsium Pusat Bahasa PTKI Se-Indonesia Hj. Nurhamdah, M.Pd. turut serta dalam rapat kerja yang dilakasanakan pada 6-7 September 2023 di Hotel Jayakarta Sengigi Lombok. Dilanjutkan dengan melakukan Kunjungan Kerja ke Pusat Bahasa UIN Mataram. Kegiatan ini diawali dengan pembahasan program kerja yang telah dilaksanakan KPB PTKI sejak 2020-2023. “Saya berharap program kerja yang telah terlaksana selama beberapa tahun ini tetap berjalan dan terus berkembang,” sampai Prof. Dr. H.M. Abdul Hamid, M.A Ketua KPB PTKI

 

Selain melakukan review program kerja yang telah dilakasanakan, KPB PTKI juga membahas perkembangan program kerja terbaru pada tahun 2023 ini. Program tersebut di antaranya standarisasi Tes Kompetensi PTKI (Arab/Inggris), Pelatihan Penerjemahan Arab/Inggris, Membuat WEB KPB PTKI, Kartu Pengurus KPB PTKI, dan Membangun Kerja Sama Internal dan Eksternal yaitu pada Bidang Subdit Kelembagaan dalam bentuk Program Seleksi Calon Mahasiswa ke Timur Tengah Tahun 2023 (Beasiswa Maroko), Bidang Subdit Pontren dalam kegiatan PPAB, dan bidang Subdit Ketenagaan pada kegiatan program Persiapan Bahasa dan Akademik (PPBA) dan Program Persiapan Studi Lanjut (PPSL).

 

Program kerja KPB PTKI yang telah dilaksanakan ini, telah terlihat dan dirasakan hasilnya sejak tahun ini. Terlihat pada pelaksanaan Beasiswa BIB Kemenag, sertifikat kemampuan bahasa Inggris dan sertifikat kemampuan bahasa Arab yang dikeluarkan oleh Unit pelaksana Teknis Bahasa Setiap PTKI Se-Indonesia dapat digunakan dalam pemenuhan syarat beasiswa tersebut. “Semoga dengan banyaknya kerja sama dari KPB PTKI ini, UPT Bahasa bisa meningkatkan eksistensinya dalam menunjang peningkatan kualitas kampus serta menambah program kerja pada setiap unit kerja di PTKI masing-masing,” tutup Nurhamdah. (Aw/Srh)


di dalam Berita
ameliawulandari 6 September, 2023