Koordinator Divisi Bahasa Bugis Menjadi Pemateri Seminar Nasional

1 Maret, 2023 oleh
Hayana

Humas IAIN Parepare- Salah satu Koordinator Divisi Bahasa Bugis UPT Bahasa IAIN Parepare Usman menjadi pemateri pada Seminar Nasional Penguatan Revitalisasi Bahasa Daerah melalui Program Pendidikan. Kegiatan ini terlaksana pada, Selasa (28/02/2023) di Aula Prof. Mattulada Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Hasanuddin, Makassar. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Bahasa Ibu Internasional (International Mother Language) dan pelantikan pengurus Perkumpulan Pendidik Bahasa Daerah Indonesia (PPBDI) Sulawesi Selatan periode 2023-2026. 

Pada presentasinya, Usman menggelorakan penggunaan bahasa daerah pada generasi muda masa. Usman mengatakan bahwa pelestarian dan pengembangan bahasa daerah bisa dilaksanakan dengan penambahan penutur dan menambahkan pengajaran di sekolah. Kegiatan pembelajaran ini bisa dilaksanakan dengan berbagai cara, di antaranya pengajaran secara terstruktur baik di sekolah maupun di dalam komunitas secara integratif, kontekstual dan adaptif serta pembelajaran diterapkan pada kemampuan membaca dan menulis aksara.

Revitalisasi bahasa daerah ini sebagai upaya yang dilakukan untuk melindungi bahasa dan budaya dari kepunahan, dan menguatkan kembali bahasa daerah tersebut. Langkah awal merevitalisasi bahasa daerah bisa digunakan sebagai bahasa sehari hari, dan bisa diajarkan bersama dengan huruf lontara.

“Anak-anak diajarkan menulis membaca aksara sesuai bahasa daerah. Ketika dongeng, cerita, pidato atau ceramah dapat diperlihatkan dalam bentuk aksara lontara, maka anak-anak akan terbiasa berbicara dan berkomunikasi dengan menggunakan bahasa daerah. Inilah tujuan revitalisasi bahasa daerah untuk tetap bertahan, lestari, dan dikembangkan oleh para anak-anak muda sekarang,” jelas Usman.

Seminar nasional ini juga melibatkan para Pakar Bahasa Daerah Sulawesi Selatan, yaitu Muhlis Hadrawi (Dosen Dept. Sastra Daerah Unhas/ Ketua Dewan Pembina PPBDI Sulsel), Kembong Daeng (Dosen Universitas Negeri Makassar), Lukman, M.S (Ketua Prodi S3 Linguistik Unhas), Ganjar Harimansyah (Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulsel), Setiawan Aswad (Ka. Dinas Pendidikan Prov Sulsel), Taeyoung Cho (Korean Institute of Southeast Asian Studies, South Korea), Taufan Pawe (Walikota Parepare), Ery Iswari (Ketua Prodi S2 Linguistik Unhas), dan Encep Ridwan, (Ketua Umum PPBDI), serta Rahmaniar (Ketua Umum PPBDI Prov Sulsel). (aw/mif)

di dalam Berita
Hayana 1 Maret, 2023