KPM Tahap II Usung Tema Membangun Desa Mandiri, Sejahtera dan Berbudaya

19 Maret, 2021 oleh
webadmin1

IAIN Parepare— Pelaksanaan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Dari Rumah (DR) IAIN Parepare tahun 2021 akan segera dilaksanakan pada 30 Maret 2021. Rencana ini dibahas dalam rapat yang dilaksanakan di aula Mini gedung Rektorat lantai dua IAIN Parepare, Rabu (17/03).

Dalam rapat tersebut hadir Wakil Rektor I IAIN Parepare, Ketua & Sekretaris LP2M, Kepala Ma’had Al Jami’ah, para Dekan,TIPD, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan panitia KPM II.


Peserta yang melakukan pencentangan Kartu Rencana studi (KRS) pada mata kuliah KPM II sebanyak 332 mahasiswa yang terdiri dari empat fakultas yang ada di IAIN Parepare. Dalam pelaksanaan KPM II mahasiswa tetap harus memenuhi mekanisme persyaratan yang meliputi surat kelayakan dari fakultas, judul skripsi dan memiliki sertifikat dari Ma’had Al-Jami’ah.

Wakil Rektor I IAIN Parepare, Dr Sitti Jamilah Amin mengungkapkan bahwa proses pelaksanaan KPM senantiasa mengikuti waktu sekolah yang biasa dimanfaatkan mahasiwa untuk melakukan aktivitas Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), sehingga PPL dan KPM bisa terlaksana dengan maksimal.

Lebih lanjut, Wakil Rektor I menginginkan data Ma’had Al Jami’ah IAIN Parepare juga diintegrasikan dengan data Sistem Informasi (Sisfo) IAIN Parepare untuk memudahkan dalam melihat kelayakan administrasi mahasiswa yang akan mengikuti KPM.

Dr Sitti Jamilah menekankan agar memaksimalkan peran Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) mulai dari proses awal pelaksanaan hingga pada outcome KPM yang lebih memfokuskan pada penulisan artikel jurnal ilmiah .

Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat LP2M IAIN Parepare, An Ras Try Astuti mengungkapkan tema KPM tahap II ini yaitu Membangun Desa Mandiri, Sejahtera dan Berbudaya. “Tema ini menyesuaikan dengan visi IAIN Parepare yaitu akulturasi budaya dan Islam dan konteks kebutuhan masyarakat di tengah pandemic covid-19,” ungkapnya. (Hyn/Mif)

di dalam Berita
webadmin1 19 Maret, 2021