KPM Teori Diikuti 516 Mahasiswa

24 Januari, 2023 oleh
Hayana

Humas IAIN Parepare- Sebanyak 516 mahasiswa IAIN Parepare mengikuti Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Teori yang dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat LP2M di Auditorium, Selasa-Jum’at (10-13/01/2023).

Sebelum mahasiswa melakukan KPM Praktik, mahasiswa terlebih dahulu dibekali dan diarahkan melalui KPM Teori agar fokus dan mampu berinovasi dalam membuat program di masyarakat. Pembukaan KPM Teori dihadiri langsung oleh Rektor IAIN Parepare Hannani, Wakil Rektor I Saepudin, Ketua LP2M Muh. Ali Rusdi beserta jajarannya.

Ketua LP2M Muh. Ali Rusdi dalam laporannya mengharapkan agar mahasiswa fokus dalam mengikuti KPM Teori.

“Dari data yang kami dapatkan dalam KPM Teori bahwa jumlah peserta pada kali ini adalah 516 mahasiswa, untuk semetara kita targetkan lokasi KPM berada di Kabupaten Barru dan Sidrap,” jelasnya.

Poin selanjutnya disampaikan Ali Rusdi, pertengahan bulan Juni dan Juli akan dilaksanakan beberapa KPM, yaitu KPM Kerja Sama, KPM Nusantara dan juga KPM Regular.

“Saya berharap kegiatan KPM Teori ini diresapi dan diperhatikan dengan seksama agar jika ke lapangan, tidak menemukan kesulitan dan hambatan-hambatan menyusun program dan melaksanakan pengabdian masyarakat di lokasi KPM. Kami juga mendapatkan surat dari Camat Bacukiki agar menempatkan lima posko di Kecamatan Bacukiki,” tuturnya. 

Kemudian Muh. Ali Rusdi juga memaparkan tentang KPM Integratif, yaitu KPM yang memadukan antara mahasiswa yang KPM sekaligus Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).

“KPM integratif merupakan KPM yang mengabungkan dengan PPL. Fakultas Tarbiyah berpotensi besar untuk mengikuti KPM integratif karena mereka bisa berada di lapangan untuk KPM dan juga sekaligus bisa PPL dengan mengajar di sekolah yang berada di lokasi KPM,” jelas M. Ali Rusdi.

“Laporan KPM ini nantinya, semua diakses melalui aplikasi, jadi kami harapkan agar seluruh dokumentasi dilengkapi baik itu foto-foto atau berkas-berkas yang diperlukan sehingga di laporan akhir nanti tidak perlu lagi mencetak dalam bentuk kertas sehingga dapat menekan biaya yang dikeluarkan,” tutur M. Ali Rusdi.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Parepare Hannani berharap peserta KPM Teori ini bisa memperhatikan baik-baik materi yang dibawakan. Rektor juga mengharapkan agar mahasiswa mempersiapkan diri untuk kembali ke masyarakat sehingga bisa memberi manfaat di tengah masyarakat dengan mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama menjadi mahasiswa IAIN Parepare.

Selanjutnya, Hannani menyampaikan kepada mahasiswa, setelah KPM mahasiswa akan melaksanakan PPL. Ia berpesan agar mencari lokasi PPL yang berpotensi menerima mahasiswa bekerja di lokasi tersebut ketika sudah lulus.

“Silakan mencari lokasi PPL yang kalian targetkan untuk bekerja di sana, contohnya Fakultas Tarbiyah silakan cari sekolah untuk mengajar yang menurut Anda bisa menerima jika telah wisuda sehingga mahasiswa bisa langsung bekerja jika telah selesai,” tutupnya.(fzs/mif)

di dalam Berita
Hayana 24 Januari, 2023