Kuliah Perdana, Warek I Laporkan Persiapan Akademik

26 Februari, 2020 oleh
Kuliah Perdana, Warek I Laporkan Persiapan Akademik
Ade Musytahun Wahid

IAIN PAREPARE— Pembukaan kuliah dilaksanakan Kamis (27/2/2020) di Auditorium IAIN Parepare. Pembukaan ini dihadiri dosen dan mahasiswa dari empat fakultas, yaitu Fakultas Tarbiyah, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD), Fakultas Syariah dan Hukum Islam (Fakshi) serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (Febi).

Pembukaan kuliah diawali laporan akademik 2019-2020 yang disampaikan oleh Wakil Rektor I Dr. Sitti Jamilah Amin. “Kita masih bisa bertemu dan bersilaturrahim di tempat ini sekaligus menjalankan salah satu agenda akademik kita, yakni pembukaan kuliah semester genap tahun akademik 2019-2020,” ucapnya mengawali laporan akademik.

Wakil Rektor bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga (APL) melaporkan perkembangan akademik dan beberapa hal yang terkait pembukaan kuliah dan persiapan-persiapan yang telah dilakukan fakultas dan unit. Hal ini bertujuan menyongsong perkuliahan semester genap tahun akademik 2019-2020. Di antaranya, 86 ruang kelas belajar, jumlah SKS masing-masing fakultas, seperti Fakultas Tarbiyah 1175 SKS, Fakshi : 658 SKS, Fuad 833 SKS, Febi 1036 SKS dan total SKS 3702.

Untuk mendukung kelancaran proses perkuliahan, secara keseluruhan tenaga pengajar dosen PNS dan CPNS berjumlah 134 orang, dan dosen Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) 48 serta dosen luar biasa 46 orang dengan jumlah rombongan belajar (rombel) 1656.

Wakil Rektor bidang APL juga menjelaskan data kelulusan sertifikat baca Qur’an mahasiswa dari Ma’had Al Jami’ah. Faktar nilai A 68 orang; B, 150 orang; C, 98 orang, total yang lulus sertifikasi 316 orang, Fakshi nilai A 35 orang; B, 131 orang; C,128 orang total yang lulus sertifikasi 294 orang, Fuad nilai A 29 orang; B, 98 orang; C, 93 orang total yang lulus sertifikasi 220 dan Febi nilai A 40 orang; B, 97 orang; C, 87 orang. Total yang lulus sertifikasi 224. Jumlah keseluruhan yang sudah tersertifikasi 1054 mahasiswa dari 2151 yang mendaftar ujian sertifikasi.


Kerudung kuning, foto DR Sitti Jamilah Amin (Wakil Rektor I bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan IAIN Parepare)
Wakil Rektor I juga menyampaikan persiapan pelaksanaan pengabdian pada masyarakat. “Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) yang di bawah koordinasi LP2M, pada tanggal 26 Maret akan dilaksanakan beberapa inovasi model KPM, yaitu KPM reguler dan tematik. KPM tematik ini akan bergabung bersama kita, mahasiswa KPM dari IAIN Jember, juga dikembangkan KPM Nusantara yang akan dilaksanakan di Konawe Selatan, tepatnya di Labuan Beropa, serta KPM binaan kampung Muallaf Darussalam Mesakada-Lembang kabupaten Pinrang,” jelasnya.

“Tentu jika merujuk pada harapan bapak rektor terkait dengan inovasi kegiatan belajar mengajar, masih jauh dari harapan tersebut,” ucap Dr.Sitti Jamilah Amin saat menyampaikan laporan dihadapan rektor, dosen dan mahasiswa.


Selanjutnya, kuliah perdana diisi kuliah umum oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Dr. Muhammad Kamal Zubair, M.Ag dengan judul “Signifikansi etika Islam dalam penataan Mekanisme Pasar.” (mif)

di dalam Berita
Kuliah Perdana, Warek I Laporkan Persiapan Akademik
Ade Musytahun Wahid 26 Februari, 2020