Kuliah Tamu FUAD Bahas Internalisasi Malebbi' dan Makkiade

31 Desember, 2021 oleh
webadmin1

Humas IAIN Parepare — Mengusung tema “Komunikasi Digital dan Kearifan Lokal”, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (Fuad) Institut Agama Islam Negeri (IAIN Parepare) melaksanakan kuliah tamu di lantai 5 Gedung Perpustakaan, Rabu (29/12/2021).

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Dekan FUAD Dr. Iskandar ini diikuti ratusan peserta baik secara luring maupun secara virtual via zoom meeting.

Iskandar mengatakan terlaksananya kegiatan ini merupakan wujud pengembangan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare khususnya pada Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah.


Iskandar juga melihat kuliah tamu ini mengusung tema yang menarik terlebih lagi perkembangan zaman yang terus berubah.
Sementara, Ketua Panitia pelaksana Nurhakki mengungkapkan alasan dipilihnya tema tersebut dikarenakan adanya dimensi kecanggihan teknologi.

“Ada dimensi yang mesti diperhatikan pengguna teknologi komunikasi terkait manusia pengguna teknologi yang memiliki standar etika, nilai kultural dan religius,” ungkapnya.

Hadir narasumber Prof. Nurul Ilmi Idrus, Ph.D (Guru Besar Universitas Hasanuddin sekaligus Rektor Universitas Muslim Maros).

Menurutnya, di era digital bentuk komunikasi berubah. Selama masa pandemi, masyarakat mulai terbiasa dengan perubahan komunikasi dari luring menjadi daring (online).


Moderator Nahrul Hayat
“Ini membuktikan masyarakat dapat melaksanakan berbagai aktivitas secara daring melalui media komunikasi dengan jaringan internet,” ucapnya.

Prof Nurul Ilmi juga melihat di era komunikasi modern sering kali ada pengabaian norma-norma dalam berkomunikasi seperti sipakalebbi’ (saling menghargai), sipakainge (saling menasehati). Selain itu, ia juga menjelaskan tipe-tipe perilaku mahasiswa saat belajar daring maupun perilaku dosen saat mengajar daring. Dalam kuliah tamu ini juga dirangkaikan dengan Penandatangan Memorandum of Action. (Hyn/Mif)

di dalam Berita
webadmin1 31 Desember, 2021