Kunjungi Gereja Katolik Maria, Posko 18 Observasi untuk Proker Moderasi Beragama

23 Juli, 2023 oleh
fikruzzamansaleh

Humas IAIN Parepare- Gereja Maria Ratu yang berlokasi di Ge'tengan, ibukota Kecamatan Mengkendek berada di lingkungan yang sejuk dan tenang. Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Nusantara Moderasi Beragama melakukan kunjungan bersama dengan Lurah Rantekalua' ke Gereja yang memiliki luas 16x32 pada lahan sekitar 2 hektar tersebut, Sabtu (15/07/2023)

Selain sebagai rumah ibadah, gereja ini juga kerap dijadikan sebagai tempat wisata bagi pendatang, terlebih terdapat spot foto religi, yakni patung Yesus memberkati, warga sekitar biasa menyebutnya patung Burake sama seperti yang berada di wisata religi Kecamatan Makale.


Kedatangan posko 18 mendapat sambutan hangat oleh Biarawati yang kebetulan tinggal di dalam gereja. Terlebih ada siswa Taman Kanak-kanak (TK) Mutiara Kasih yang berada tepat di belakang gereja sedang bermain Sabtu ceria. Mahasiswa ikut andil dalam kegiatan ini bersama siswa TK, bermain sambil belajar di lingkungan gereja.

Selain kunjungan dan silaturahmi sebagai bentuk Moderasi dalam Beragama, mahasiswa juga meminta izin untuk melaksanakan program kerja bersih-bersih Rumah Ibadah yang disebut dengan Jum'at bersih dan Sabtu bersih. Tawaran ini diterima baik oleh pengurus Gereja.


"Untuk program kerja bersih-bersih gereja ini rencana akan mulai dilaksanakan Minggu depan tepatnya tanggal 22 JuIi 2023, kami akan memulai untuk membersihkan gereja sebagai salah satu program kerja mingguan rutin posko 18," ucap Muhammad Iqbal selaku Koordinator Desa (Kordes) posko 18.

Setelah mendapatkan izin, mahasiswa posko 18 mulai menikmati pemandangan dan spot foto religi bagi mereka penganut agama Katolik dan kemudian bergeser ke Buntu Mapongka salah satu tempat dengan keindahan alam yang sangat memukau di kelurahan Rantekalua' sambil melihat kerbau atau biasa masyarakat Toraja menyebutnya tedong. (Tim KKN, fsz/mif)

di dalam Berita
fikruzzamansaleh 23 Juli, 2023