Lagi, Tim Debat Hukum IAIN Parepare Sabet Juara Debat Nasional di UIN Surabaya

17 Mei, 2023 oleh
dirgaachmad

Humas IAIN Parepare - Tim debat hukum Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam (FAKSHI) IAIN Parepare kembali mengukir prestasi membanggakan dalam Kompetisi Debat Hukum Mahasiswa Tingkat Nasional Raden Rahmat Law Fair Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Law Debate Community Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Surabaya, Sabtu-Selasa (06/16/05/2023). 

Tim debat hukum mahasiswa Fakshi IAIN Parepare yang beranggotakan Nur Misyuari (Prodi Hukum Pidana Islam), Muhammad Andri Alvian (Prodi Hukum Tata Negara), dan Aulia Audri Rahman (Prodi Hukum Tata Negara) yang didampingi oleh Wiwin selaku Dosen IAIN Parepare berhasil menorehkan Juara II setelah berhadapan dengan UIN Sunan Gunung Djati Bandung di babak final.


Kompetisi Debat Hukum Mahasiswa Tingkat Nasional Raden Rahmat Law Fair 2023 terdiri dari 4 babak yaitu penyisihan, perempat final, semifinal, dan final. Pada babak penyisihan, tim debat hukum Fakshi IAIN Parepare dengan nama tim Husein Sastranegara berhadapan dengan 31 tim debat hukum yang berasal dari kampus ternama, seperti Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Sam Ratulangi Manado, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dan lain-lain. 

Ketua tim Nur Misyuari saat dikonfirmasi mengucapkan terima kasih kepada pihak yang berkontribusi dalam kompetisi tersebut sehingga mampu mengharumkan kembali nama almamaternya.

"Terima kasih pada Rektor IAIN Parepare dan jajaranya, pihak fakultas (Dekan dan jajarannya), serta seluruh pihak yang telah membantu kami untuk meraih kemenangan di setiap kompetisi debat ini. Tak lupa pula, saya ucapkan terima kasih kepada Student Debate Forum Community (STADIUM), rumah bagi kami para debaters. Setiap keberhasilan dan setiap kemenangan kami persembahkan untuk kita semua di Student Debate Forum Community," ujar Nur Misyuari.

Tim debat hukum FAKSHI IAIN Parepare lolos ke babak perempat final setelah berhasil menjadi juara grup pada chamber G. Pada babak perempat final tim debat hukum Fakshi IAIN Parepare berhadapan dengan tim debat hukum dari Universitas Diponegoro melalui Zoom (online) pada, Selasa (09/05/2023). Adapun mosi yang diperdebatkan, yaitu “Pengawasan Eksternal Hakim Konstitusi”. 

Pada Babak semifinal dan final yang dilaksanakan secara luring pada, Senin-Selasa (15-16/05/2023) di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, di babak semi final Tim IAIN Parepare berhadapan dengan tim Universitas Airlangga untuk memperebutkan tiket menuju babak final. Hasil Semi final menunjukkan tim debat IAIN Parepare berhak melaju ke babak final setelah menang dengan skor 3-2 dengan mosi "Putusan Inkonstitusional Bersyarat Menyebabkan Ketidakpastian Hukum".


Pada babak final tim debat hukum IAIN Parepare berhadapan dengan tim debat hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan mosi "Perppu sebagai Legislasi Jalur Cepat di Indonesia".  Tim debat hukum IAIN Parepare dipastikan memperoleh juara 2 setelah kalah dari Tim debat UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Sementara, Wiwin selaku mentor tim sangat mengapresiasi perjuangan anggota tim yang tidak gampang mereka lalui hingga titik ini.

"Prestasi ini merupakan hasil perjuangan adik-adik dan pihak-pihak terkait. Perjuangan dalam membuat argumentasi, perjuangan dalam melawan mental, dan perjuangan ketika melawan tim debat dari universitas ternama. Perjuangan sampai babak final bukanlah hal yang mudah, banyak hal yang dikorbankan seperti waktu, tenaga, pikiran, dan mental. Namun, berkat komitmen dan sinergitas, perjuangan kami tidak sia-sia," kesan Wiwin.

Secara terpisah, Dekan Fakshi Rahmawati saat dihubungi sangat berterima kasih kepada tim debat yang telah mengharumkan kembali nama IAIN Parepare pada event lomba nasional.

"Tentu prestasi mahasiswa salah satu indikator keberhasilan perguruan tinggi dalam mengembangkan minat dan bakat mahasiswa, sehingga ini sangat perlu didukung secara penuh, agar ke depannya IAIN Parepare .khususnya Fakshi dapat mencetak mahasiswa berprestasi tingkat nasional yang lebih masif, dan ini sangat berpengaruh pada akreditasi program studi," tutup Rahmawati. (da/mif)

di dalam Berita
dirgaachmad 17 Mei, 2023