Layanan Konseling Mahasiswa Bahas Mental Block

1 Oktober, 2023 oleh
Hayana

Humas IAIN Parepare--- Pusat Pengembangan Mutu Karier, Mahasiswa dan Alumni Kerja Sama Career Development Center (CDC) Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Parepare melaksanakan layanan konseling mahasiswa, Jumat (29/09/2023).

Kegiatan ini dilaksanakan di Movie Room Gedung Lab IAIN Parepare yang diikuti mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI).


Kepala Pusat Pengembangan Mutu Karier, Mahasiswa dan Alumni LPM IAIN Parepare Mahyuddin mengatakan kegiatan ini  salah satu layanan kesejahteraan yang perlu terus dilakukan sebagai salah satu upaya mengatasi hambatan-hambatan yang dialami mahasiswa selama proses studi.

“Layanan konseling perlu dijadikan program berkesinambungan untuk memperkuat layanan kesejahteraan yang dibutuhkan seluruh mahasiswa,” ucapnya.

Hadir sebagai narasumber Astinah, Psikolog dan Dosen Bimbingan Konseling Islam, membahas antisipasi mental block penghambat kesuksesan. Astinah menuturkan penyebab mental block dapat dipengaruhi beberapa hal di antaranya trauma dan pengalaman masa lalu, pikiran overload, kelelahan fisik yang buruk seperti kurang tidur dan makan, prokrastinasi (suka menunda) dan perfeksionis.

“Trik dan tips menghadapi mental block bisa dimulai dengan mengubah pandangan baru, breakdown tugas, mengenali potensi diri, dan ibadah,” ucapnya.

Astinah juga mengungkapkan akan pentingnya merawat diri. “Self care. Perlu merawat diri, sebab diri yang bisa membela impian masing-masing,” pesannya.

Dalam kegiatan ini, Ketua Prodi KPI Nurhakki juga berbagi pengalaman terkait alumni KPI yang mampu mengatasi hambatan dalam penyelesaian studinya. (hyn/mif)



di dalam Berita
Hayana 1 Oktober, 2023