Lolos Program Bantuan Riset BRIN, Dua Mahasiswa Tadris IPA Teliti Etnobotani

2 April, 2023 oleh
muajizmuallim

Humas IAIN Parepare - Dua mahasiswa Program Studi (Prodi) Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare berhasil lolos pada program Bantuan Riset Tugas Akhir (BARISTA) yang diselenggarakan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Hasil ini diperoleh melalui surat dari Direktorat Manajemen Talenta BRIN tentang Penyampaian Hasil Seleksi Program BARISTA BRIN Tahun 2023 dan Permohonan Informasi Penyaluran Bantuan UKT Peserta Program pada, Sabtu (29/03/2023).

Berdasarkan surat penyampaian ini, dua mahasiswa atas nama Satriani Syam dan Muhammad Ansar Apriansyah dari prodi Tadris IPA berhak mendapatkan bantuan uang kuliah tunggal (UKT) dan bantuan biaya riset selama proses mengerjakan tugas akhir.



Sebelumnya, kedua mahasiswa ini terlebih dahulu mengikuti program magang MBKM bersama BRIN selama enam bulan yang telah berjalan sejak 8 Februari hingga 21 Juli 2023. Selanjutnya, mereka mengirimkan proposal penelitian sebagai salah satu persyaratan program bantuan riset ini. 

"Benar, jadi kami yang ikut program MBKM BRIN diberi kesempatan untuk daftar di program BARISTA. Saya sendiri meneliti tentang Etnobotani/Etnobiologi," jawab Satriani saat diwawancara. 

Lebih lanjut, Satriani menjelaskan bahwa saat ini mereka diarahkan oleh pembimbing BRIN dan Dosen pembimbing untuk mulai menyempurnakan proposal dan melakukan penelitian. Hal ini mereka lakukan untuk mempersiapkan luaran penelitiannya yang berupa artikel yang akan diterbitkan ke jurnal. 

Satriani mengaku sangat bersyukur atas keberhasilan ini. Ia berharap program ini akan memudahkannya dalam menyelesaikan tugas akhir kuliah. 

"Saya sangat bersyukur bisa mendapatkan bantuan ini, karena dengan bantuan ini dapat mempermudah saya dalam penelitian dan membantu biaya kuliah saya," ungkapnya. 



Perlu diketahui, Program BARISTA merupakan pemberian bantuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan riset kepada mahasiswa aktif tingkat akhir jenjang Diploma 4 dan Strata (S1, S2, S3) untuk menyelesaikan tugas akhir yang berbasis kerjasama riset di unit kerja lingkungan BRIN. Hal ini sebagai bentuk dukungan BRIN terhadap talenta riset dan Inovasi serta meningkatkan kolaborasi dan kerjasama dengan perguruan tinggi. (mm/....)


""
di dalam Berita
muajizmuallim 2 April, 2023