LP2M Gelar Seminar Hasil Penelitian Dosen 2022, Peneliti Wajib Diseminasi pada ICONIS

21 November, 2022 oleh
khaerunnisaihwan

LP2M Gelar Seminar Hasil Penelitian Dosen 2022, Peneliti Wajib Diseminasi pada ICONIS

Humas IAIN Parepare- Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP2M) IAIN Parepare melaksanakan kegiatan seminar akhir penelitan dosen tahun 2022, Senin (21/11/2022). Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor I Saepuddin, Ketua LP2M M. Ali Rusdi, Kepala Pusat Penelitian H. Muhiddin, para dekan dan peneliti Litapdimas tahun 2022. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Rektorat IAIN Parepare.

Mengawali kegiatan, Kepala Pusat Penelitian H. Muhiddin berterima kasih atas kehadiran kepada peneliti dalam kegiatan ini. “Tujuan kegiatan kita pada hari ini untuk melihat perkembangan penelitian, apakah sesuai antara kontrak dan hasil penelitian, juga apakah luarannya sesuai dengan biaya yang dikeluarkan oleh peneliti, semuanya ini akan dilihat oleh reviewer,” jelas H. Muhiddin.

Selanjutnya, Muhiddin menyampaikan peneliti wajib untuk hadir di ICONIS (Internasional Conference On Islamic Studies, Education and Civilization) untuk diseminasi hasil penelitian.

Adapun penyerahan laporan akhir, menurut H. Muhiddin, harus memperhatikan laporan hasil penelitian secara utuh.

“Juga ada artikel yang merupakan laporan singkat hasil penelitian, Executive Summary yang terdiri dari atas pendahuluan, metodologi, hasil temuan, kesimpulan dan saran serta daftar pustaka sebanyak 8-15 halaman. Terakhir, narasi singkat penelitian yang mengambarkan aspek-aspek penting atas temuan penelitian yang dinarasikan dengan bahasa populer,” tambahnya. 

Selanjutnya, Ketua LP2M M. Ali Rusdi menyampaikan bahwa laporan penelitian tahun 2022 ini berbasis SBK, yaitu peneliti cukup membuat laporan akademik penelitiannya. 

“Kami wajibkan untuk peneliti untuk mengikuti ICONIS, tidak hanya peneliti dari lingkup IAIN, kami juga mengajak jika ada kenalan peneliti dari luar maka dipersilahkan untuk bergabung. Kami juga mengajak mahasiswa untuk berpartisipasi dan mengirimkan artikel untuk menunjang akreditasi. Insyaallah tahun depan LP2M akan menganggarkan buku yang dicetak di Rajawali Pers, bagi teman-teman dosen yang tidak masuk penelitian tahun 2023 bisa fokus publikasi tahun depan,” papar M. Ali Rusdi.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor I Saepuddin mengingatkan untuk peneliti untuk tetap menjaga standar penelitian dan juga standar hasil peneltian. Agar berdaya saing, memiliki standar isi, dan juga agar hasil penelitian bermanfaat untuk IPTEK, dan juga kemanfaatannya untuk dunia usaha dan industri.

Saepuddin juga mengingatkan untuk LP2M untuk memperhatikan renstra penelitian agar penelitian dan pengabdian lebih terarah dan sejalan dengan apa yang telah direncanakan dan ditetapkan dalam renstra. (fzs/mif)


di dalam Berita
khaerunnisaihwan 21 November, 2022