LP2M IAIN Parepare Gelar Short Course Penelitian Hadirkan Prof. Abdul Mujib dari UIN Jakarta

14 Juli, 2023 oleh
fikruzzamansaleh

HUMAS IAIN Parepare- Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare menyelenggarakan Short Course Penelitian Terapan dan Pengembangan pada tanggal (14-15/07/2023). Kegiatan ini menghadirkan Prof. Dr. Abdul Mujib, M.Ag., Psikolog, pakar psikologi dari Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, sebagai pemateri.

Short Course ini diikuti oleh 35 peserta dari perwakilan dari fakultas dalam lingkup IAIN Parepare. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta dalam bidang penelitian terapan dan pengembangan.


Pada kesempatan ini, Prof. Mujib membawakan materi tentang Pendekatan Kuantitatif dalam Penelitian Sosial-Keagamaan. dan beberapa persoalan oenelitian kuantitatif bidang keagamaan. Beliau menjelaskan bahwa penelitian kuantitatif merupakan metode penelitian yang menggunakan data numerik untuk menjawab pertanyaan penelitian. Data numerik ini dapat diperoleh melalui berbagai cara, seperti survei, kuesioner, dan eksperimen.

Prof. Mujib juga memaparkan tentang berbagai macam desain penelitian kuantitatif, seperti desain penelitian eksperimental, desain penelitian quasi-eksperimental, dan desain penelitian survei. Beliau juga menjelaskan tentang teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian kuantitatif, seperti analisis statistik dan regresi. Para peserta antusias mengikuti kegiatan ini. Mereka mendapatkan banyak pengetahuan dan pengalaman baru tentang penelitian kuantitatif dari Prof. Mujib.


menurut Qadaruddin hadirnya prof mujib memberikan banyak inspirasi dan pencerahan “Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi saya. Saya mendapatkan banyak pengetahuan baru tentang penelitian kuantitatif, khususnya dalam penelitian” ujarnya

LP2M IAIN Parepare berkomitmen untuk terus menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahun khsusunya untuk peneliti agar semakin bermanfaat di tengah masyarakat.( fzs/srh)


di dalam Berita
fikruzzamansaleh 14 Juli, 2023