LPM dan TIPD Gelar Sosialisasi SISTER untuk FUAD IAIN Parepare, BKD Langsung Sinkron

27 Oktober, 2023 oleh
fikruzzamansaleh

Humas IAIN Parepare----Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) dan Pusat Teknologi dan Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) menggelar sosialisasi Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi (SISTER) bagi Dosen dan Tenaga Kependidikan (Tendik) di lingkungan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Parepare. Kegiatan ini terlaksana di Gedung Perpustakaan Lantai 4 (26/10/2023)

Dekan FUAD IAIN Parepare, A. Nurkidam, dalam sambutannya menyampaikan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada Dosen dan Tendik tentang SISTER. SISTER merupakan sistem informasi yang digunakan untuk mengelola sumber daya manusia, keuangan, dan aset di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

"SISTER merupakan sistem yang sangat penting bagi PTKIN, termasuk FUAD IAIN Parepare. Dengan menggunakan SISTER, kita dapat mengelola sumber daya kita secara lebih efektif dan efisien," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, A. Nurkidam juga menyampaikan bahwa BKD Dosen dan Tendik di lingkungan FUAD IAIN Parepare akan disinkronkan dengan SISTER. Oleh karena itu, penting bagi dosen dan tendik untuk mengikuti sosialisasi ini guna memahami cara menggunakan SISTER untuk mengisi BKD.


Pemateri dalam kegiatan sosialisasi ini adalah Ahmad Zuhudy Bahtiar dari TIPD, dan Adnan Achiruddin Saleh Kepala Pusat Audit dan Pengendalian Mutu. Keduanya menjelaskan tentang fungsi dan fitur-fitur SISTER. Ia juga memberikan simulasi cara menggunakan SISTER untuk mengisi BKD.

Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh sekitar 30 orang peserta, terdiri dari Dosen dan Tendik di lingkungan FUAD IAIN Parepare. Peserta tampak antusias mengikuti kegiatan ini.


Ahmad mengatakan pentingnya mengikuti sosialisasi SISTER.  "Sosialisasi SISTER begitu penting diantaranya untuk memahami cara menggunakan SISTER. Selanjutnya untuk mempersiapkan diri menghadapi sinkronisasi BKD dengan SISTER, dan terakhir untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan sumber daya," ungkapnya. 

Mengikuti sosialisasi SISTER, dosen dan tendik di lingkungan FUAD IAIN Parepare juga dapat memberikan pemahaman bagaimana memanfaatkan SISTER secara optimal untuk mendukung kegiatan akademik dan non-akademik.


Adnan menyampaikan kedepannya BKD akan langsung Sinkron dengan SISTER. "Sinkronisasi BKD dengan SISTER merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan Beban Kerja Dosen. BKD dosen akan tersimpan secara otomatis di SISTER dengan adanya sinkronisasi ini. Hal ini akan memudahkan dosen dan pimpinan untuk memantau dan mengevaluasi beban kerja dosen," tutupnya. 

Sosialisasi SISTER yang diselenggarakan oleh LPM dan TIPD FUAD IAIN Parepare ini merupakan langkah awal untuk mempersiapkan Dosen dan Tendik dalam menghadapi sinkronisasi BKD dengan SISTER. Dosen dan tendik dapat memahami cara menggunakan SISTER untuk mengisi BKD. (fzs/Srh)


di dalam Berita
fikruzzamansaleh 27 Oktober, 2023