LPM Gelar Bimtek Penyusunan RPS Berbasis OBE

13 Agustus, 2023 oleh
mahyuddin

Humas IAIN Parepare- Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Parepare melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Berbasis Outcome Based Education (OBE), Kamis-Jumat (10-11/08/2023) di Perpustakaan Lantai 5 IAIN Parepare.


Hadir sebagai instruktur, Roni Ismail, praktisi kurikulum dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Bimtek ini ditujukan agar para Dosen Koordinator Mata Kuliah dapat menyusun Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK), dan sub-CPMK, serta memahami korelasi antara CPL dan sub-CPMK, sehingga pada akhirnya dosen diharapkan mampu menyusun desain pembelajaran mata kuliah dengan menggunakan pendekatan OBE.


Rektor IAIN Parepare Hannani dalam sambutan pembukaan mengungkapkan kegiatan ini merupakan kegiatan yang mendukung terwujudnya mutu dalam pelaksanaan pendidikan. Untuk itu, Hannani berharap agar para peserta yang hadir dapat mengikuti kegiatan secara maksimal dan menghasilkan output kegiatan yang baik.




Senada dengan Rektor, Wakil Rektor I Bidang APK H. Saepudin mengungkapkan penyusunan RPS berbasis OBE  salah satu kebutuhan penting dalam standar pendidikan.


“Salah satu yang selalu menjadi perhatian asesor saat asesmen lapangan adalah kelengkapan RPS. Untuk itu, penting menyusun dokumen RPS sebagai perwujudan dalam menyiapkan standar di bidang pendidikan termasuk evaluasi pembelajaran,” ungkapnya.


H. Saepudin juga menjelaskan bahwa tahun ini IAIN Parepare juga sudah mulai melaksanakan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) di mana dokumen RPS yang lengkap menjadi kebutuhan yang tidak terpisahkan untuk memudahkan konversi mata kuliah.


Untuk diketahui, kegiatan ini diikuti 50 peserta yang terdiri dari delegasi dosen setiap program studi di lingkungan IAIN Parepare. Pengaplikasian pendekatan OBE dalam kurikulum di IAIN Parepare merupakan hal yang harus dilakukan. Dengan demikian, penyelenggaraan bimtek ini sekaligus menunjukkan komitmen LPM untuk mendorong peningkatan mutu di bidang pendidikan.

"Kegiatan ini dilaksanakan sebelum perkuliahan dimulai agar para dosen mempersiapkan RPS mata kuliah ampuhannya sehingga memiliki perencanaan yang baik ketika mengajar," ujar Ketua Panitia Sri Mulianah. (mhy/mif)

di dalam Berita
mahyuddin 13 Agustus, 2023