LPM Gelar Evaluasi Renstra Tingkat Institut Tahun 2023

29 November, 2023 oleh
mahyuddin

Humas IAIN Parepare_Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Parepare melaksanakan evaluasi renstra lingkup institut, Selasa (28/11/2023) di Perpustakaan Lantai 5 IAIN Parepare. Kegiatan ini diikuti oleh pimpinan institut, fakultas, unit dan lembaga yang membahas ketercapaian rencana strategis IAIN Parepare selama tahun 2023.

Wakil Rektor II IAIN Parepare, Firman saat pembukaan kegiatan mengungkapkan, evaluasi renstra merupakan salah satu jalan menuju perbaikan mutu lembaga.

“Mutu adalah jaminan sebuah lembaga. Apabila mutu kita berjalan dengan baik, maka hal ini akan menjadi referensi masyarakat untuk memilih IAIN Parepare sebagai tujuan pendidikan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Biro AUAK H. Muhdin mengungkapkan evaluasi renstra adalah suatu kewajiban yang mesti dijalankan lembaga. Hal tersebut karena evaluasi renstra merupakan salah satu unsur penilaian penting untuk mengukur Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah atau LAKIP.

“Kalau kita analogikan, renstra ini merupakan kitab suci rujukan kita dalam berkegiatan dan evaluasi renstra adalah bagian yang tidak terpisahkan dari LAKIP. Oleh karena itu, wajib hukumnya evaluasi ketercapaian renstra institut dilaksanakan setiap tahun,” imbuhnya.

H. Muhdin menambahkan bahwa mitigasi resiko dalam lembaga juga diambil dari renstra, dan renstra lembaga sejauh ini telah didesain selaras dengan instrument akreditasi 9 kriteria.

Dalam sesi diskusi, Kepala Pusat Audit dan Pengendalian Mutu LPM, Adnan Achiruddin Saleh mengungkapkan evaluasi renstra merupakan bentuk pemenuhan evaluasi C1 dan C2 dalam penilaian akreditasi.

“Evaluasi renstra yang kita laksanakan hari ini adalah bentuk praksis kebutuhan akreditasi terutama C1 dan C2,” tutup Adnan Achiruddin.

Kegiatan evaluasi renstra dilaksanakan mulai dari pagi sampai sore. Pimpinan fakultas dan unit/ lembaga diharapkan melaporkan pencapaian renstra masing-masing selama tahun 2023. Hasil laporan tersebut, akan menjadi acuan pimpinan institut untuk mencapai target rencana strategis berikutnya dan perbaikan mutu di tahun mendatang (Mhy/Mif).





di dalam Berita
mahyuddin 29 November, 2023