LPM Gelar Rapat Persiapan Pelaksanaan Monev RTL

17 September, 2023 oleh
mahyuddin

Humas IAIN Parepare_Lembaga Penjaminan Mutu (LMP) IAIN Parepare melaksanakan rapat persiapan pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Rencana Tindak Lanjut (RTL) temuan AMI di tahun sebelumnya, Senin (18/09/2023) di Ruang Akreditasi LPM IAIN Parepare.

Hadir dalam rapat ini Wakil Rektor I, Ketua LPM, Sekertaris LPM, Kepala Pusat Audit dan Pengendalian Mutu, Para Wakil Dekan I serta Tim Monev RTL yang akan melaksanakan asesmen di seluruh fakultas lingkup IAIN Parepare.

Wakil Rektor I, H. Saepudin dalam sambutannya, mengatakan tujuan monev RTL pada dasarnya untuk memastikan temuan sebelumnya sudah ditindaklanjuti atau dilaksanakan di tahun ini.

"Selain dokumen berupa data bukti kinerja dan laporan setiap fakultas yang kita ingin cek, juga yang tidak kalah penting dari proses monev RTL ini ialah, bagaimana memastikan setiap proses kegiatan tindak lanjut kegiatan terkontrol dan ditindaklanjuti," ungkapnya.

Menurut Wakil Rektor I, hasil AMI merupakan kekurangan-kekurangan yang ditemukan dan harus diperbaiki. Oleh karena itu, setiap fakultas wajib melakukan tindak lanjut yang dibuktikan dengan laporan atau ketersediaan data saat proses monev.

Sementara itu, Kepala Pusat Audit dan Pengendalian Mutu, Adnan Achiruddin Saleh mengatakan monev RTL ini adalah rangkaian dari proses PPEPP yang juga sangat dibutuhkan untuk kebutuhan akreditasi. Untuk itu, penting proses ini dilakukan secara kontinu sebagai bagian dari budaya  mutu. 

"Monev RTL ini mungkin hal yang baru bagi kita tetapi kita berharap akan menjadi budaya baru dalam meningkatkan budaya butu, maka harapan kita setiap tahun telah dilaksanakan proses monev RTL," ujar Adnan Achiruddin Saleh.

Dalam rapat ini, Tim RTL  diberikan instrumen yang akan diisi dan dilakukan simulasi pengisian instrumen. Setiap Tim RTL diberikan waktu dua pekan ke depan untuk melaksanakan monev RTL yang telah disediakan oleh LPM. Hasil akhir dari monev ini terdapat tiga kategori penilaian utama, yaitu indikator Open (belum ada tindak lanjut), Toleran (sementara proses) Close (terpenuhi) (Mhy/Mif).



di dalam Berita
mahyuddin 17 September, 2023