Ma'had Al-Jami'ah Gelar ToT Tutor Gerakan Pembelajaran Baca Al-Qur'an (Gencar)

18 Mei, 2023 oleh
rahmawatiar

Humas IAIN Parepare- Ma’had Al-Jami’ah IAIN Parepare menyelenggarakan kegiatan Training of Trainer (ToT) Tutor Gerakan Pembelajaran Baca Al-Qur’an (Gencar). Kegiatan ToT Gencar ini dilaksanakan di Hotel Bugis, Parepare. Kegiatan Ini terlaksana selama dua hari, Sabtu-Minggu (6-7/05/2023) oleh Ma’had Al-Jami’ah IAIN Parepare. 

Dalam Kegiatan ini ada lima materi yang dirancang  oleh Ma’had Al-Jami’ah dan lima pemateri sesuai bidang keilmuan masing-masing. Adapun materi dan pematerinya yaitu, Pengelolaan Kelas oleh  Muh. Djunaidi, Tajwid dibawakan Heppi Sirajuddin, Pengajaran Metode Iqro oleh Muhammad Nasir Saddu, Motivasi Mempelajari Al-Qur’an dijelaskan oleh H. Muhammad Iqbal Hasanuddin, dan Edlink oleh Ahmad Zuhudy Bachtiar. Kelima materi di atas akan diaplikasikan oleh tutor yang akan mengajar pada kegiatan Gencar yang akan datang.


Dalam sambutannya, Kepala Ma’had Al-Jami’ah IAIN Parepare Budiman menyampaikan bahwa kegiatan ini terlaksana karena banyak mahasiswa  yang kurang dalam membaca Al-Qur’an serta tenaga pengajar yang akan mengajar nantinya juga kurang. "Jadi Ma’had Al-Jami’ah berinisiatif untuk membuka secara umum pendaftaran Tutor atau Tenaga Pengajar yang akan membantu Ma’had Al-Jami’ah untuk mengajar baca Al-Qur’an ke mahasiswa yang kurang atau sama sekali tidak tahu membaca Al-Qur’an," ujarnya.


"Kegiatan ini juga memberikan contoh, cara, atau trik mengajarkan Al-Qur’an ke mahasiswa yang kurang dalam membaca Al-Qur’an," tambahnya.

Tujuan terlaksananya kegiatan ini untuk membantu mahasiswa yang membutuhkan pendampingan dalam belajar membaca Al-Qur’an.


Selama dua hari kegiatan, kegiatan Gencar ini terlaksana dengan baik dan tutor juga bersemangat mengikuti materi yang ada. Di akhir acara penutupan, Budiman juga menyampaikan terima kasih atas partisipasi peserta ToT yang sudah bersedia meluangkan waktunya untuk mengajarkan Al-Qur’an bagi mahasiswa yang membutuhkan bimbingan. "Semoga ini bisa menjadi amal jariah untuk kita semua," harapnya. (rhm/mif)

di dalam Berita
rahmawatiar 18 Mei, 2023