Ma'had Al Jami'ah Gencarkan Baca Al Qur'an

28 Mei, 2023 oleh
Hayana

Humas IAIN Parepare- Ma’had Al-Jami’ah IAIN Parepare menyelenggarakan pembukaan  Gerakan Pembelajaran Al-Qur'an (Gencar). Pembukaan Gencar ini dilaksanakan pada, Rabu (10/05/2023) yang bertempat di Auditorium IAIN Parepare. Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor IAIN Parepare Hannnani, para dekan, ketua prodi, serta tutor/pengajar dan mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan Gerakan Pembelajaran Baca Al-Qur’an ini.

Ketua Panitia St. Fauziah  melaporkan beberapa hal terkaitan pelaksanaan Gerakan Pembelajaran Baca Al-Qur’an. “Kegiatan ini diberi nama Gencar. Pada dasarnya kegiatan ini berawal dari hasil placement test penerimaan Mahasiswa Baru TA 2022/2023. Pada saat itu, terdata kurang lebih 800-an mahasiswa IAIN Parepare yang dinilai masih kurang dalam membaca Al-Qur'an dengan benar, bahkan ada yang belum mengenal huruf hijaiyah sama sekali," jelasnya.

"Tahap ini merupakan Program Gerakan Pembelajaran Baca Al-Qur’an (Gencar) tahap kedua Tahun Akademik 2022/2023, setelah sebelumnya telah dilaksanakan juga pada semester 1 di tahun akademik yang sama. Tahap ini, kami telah menyiapkan  beberapa tutor yang dianggap mampu mengajar dan meluangkan waktunya serta memiliki komitmen dalam membumikan Al-Qur’an di IAIN Parepare ini," tambahnya.

"Gerakan Pembelajaran Baca Al-Qur’an ini akan berlangsung selama 40 kali pertemuan mengikuti jadwal kuliah, mulai pukul 06.30-07.20 Wita," tuturnya lagi.


Adapun total mahasiswa yang mengikuti Gencar pada masing-masing fakultas  sebagai berikut, Fakultas Tarbiyah berjumlah 157 mahasiswa dan ditangani oleh 12 tutor/pengajar, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam berjumlah 152 mahasiswa dan difasilitasi oleh 12 tutor/pengajar, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah berjumlah 113 orang dan didukung oleh 9 tutor/pengajar, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam berjumlah 316 mahasiswa dan akan diajar oleh 24 tutor/pengajar.


Dalam sambutannya, Rektor IAIN Parepare Hannani menyampaikan harapannya untuk pelaksanaan kegiatan ini. “Kegiatan ini harus kita dukung bersama-sama, agar anak-anak kita bisa belajar membaca Al-Qur’an dan kita harus sama-sama Gencar-kan kegiatan ini jangan hanya nama kegiatannya saja yang Gencar, tapi pengaplikasiannya juga harus di Gencar-kan," ujar Hannani.

Rektor IAIN Parepare juga berharap dengan adanya kegiatan ini bisa menjadi wadah  belajar bagi mahasiswa yang membutuhkan. (rhm/mif)




di dalam Berita
Hayana 28 Mei, 2023