Ma'had Al-Jami'ah Selenggarakan Kegiatan Orientasi Moderasi Beragama

14 November, 2023 oleh
rahmawatiar

Humas IAIN Parepare_Mahad Al-Jami’ah IAIN Parepare melaksanakan Pelatihan Orientasi Moderasi Beragama dengan tema "Tantangan Moderasi Beragama di Era Digital bagi Generasi Milenial". Kegiatan  dilaksanakan di masjid Alwasilah, Jumat –Ahad, (10–12/11/2023).

Kegiatan Pelatihan Orientasi Moderasi Beragama diikuti oleh semua mahasiswa semester 1 IAIN Parepare. Kegiatan  dilaksanakan selama 3 pekan (dibagi menjadi 3 gelombang)

1. Gelombang pertama dimulai tanggal 10 November–12 November 2023

2. Gelombang kedua dimulai tanggal 17 November – 19 November 2023

3. Gelombang ketiga dimulai tanggal 24 November – 26 November 2023


Pada gelombang pertama, 300 mahasiswa menjadi peserta. Pada gelombang 1 tersebut, mahasiswa menjalankan beberapa kegiatan, mulai dari salat tahajud bersama, zikir bersama, hingga menerima materi di masjid Al-Wasilah IAIN Parepare. Untuk mengefektifkan kegiatan Orientasi Moderasi Beragama ini, Ma’had Al-Jami’ah menginapkan mahasiswa di kampus  selama 3 hari 2 malam. Ada 5 materi yang diterima oleh mahasiswa. Adapun materinya adalah

a. Membumikan Nilai-Nilai Universal Agama dalam Masyarakat yang Plural (Muhammad Ismail, M.Th.I.);

b. Sketsa Kehidupan Beragama di Indonesia dalam Bingkai NKRI (Dr. Muhiddin Bakri, M.Fil.I.);

c. Menginternalisasi 4 Indikator Moderasi Beragama Perspektif Kementerian Agama dalam Sanubari Mahasiswa (Dr. H. Suarning, M.Ag.);

d. Mengukuhkan Pemahaman Keagamaan  dan Kebangsaan dalam Membendung Bahaya Radikalisme (Dr. Muhammad Jufri, M.Ag.);

e. Memperkuat Literasi Moderasi Beragama Generasi Milenial di Era Digital (Dr. Musyarif, M.Ag.).


Materi tersebut bertujuan membantu memperluas wawasan dan pemahaman mahasiswa tentang moderasi beragama agar mahasiswa  bisa memahami dan mempraktikkan moderasi beragama. (Rhm/Tin)


di dalam Berita
rahmawatiar 14 November, 2023