Mahasiswa Doktor (S3) Kelas Mitra Kerjasama Pascasarjana IAIN Parepare dan UIN Alauddin Serentak Ujian Komprehensif

17 Oktober, 2023 oleh
saidinhamzah

Humas IAIN Parepare- Tim pengelola Ujian Komprehensif Mahasiswa Doktor (S3) Dirasah Islamiyah Kelas Mitra Kerjasama Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri  Parepare   dengan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar melaksanakan Ujian  Komprehensif  yang diperuntukkan bagi mahasiswa Program Doktor Angkatan pertama tahun 2022 pada, Selasa-Rabu (10-11/10/2023) di Gedung Perpustakaan, Lantai 4. Peserta ujian melalui zoom menggunakan komputer yang disediakan pengelola


Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Tim Pengelola program Doktor (S3) Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Parepare, St Aminah (Ketua), Ambo Dalle (Sekretaris), Ahmad Yani, Yessicka Noviamy (anggota) dan seluruh mahasiswa S3 Pascasarjana. 


"Sesuai dengan kesepakatan MoU dengan pihak Pascasarjana UIN Alauddin Makassar bahwa supaya mahasiwa bisa selesai semester 6 dan untuk semester 3 ini harus mempercepat ujian proposal.  Kemarin sudah ada rencana ujian proposal dilakukan di Parepare bersamaan dengan ujian komprehensif. Kita sebagai tim pengelola berharap semua mahasiwa kelas kerja sama doktor (S3) Pascasarjana IAIN Parepare dengan UIN alauddin Makassar selesai tepat waktu," ujar St Aminah, Ketua Tim Pengelola.


Ujian ini salah satu bentuk evaluasi untuk mengetahui tingkat kemampuan menguasai secara menyeluruh materi yang telah diberikan kepada mahasiswa dalam perkuliahan teori. Ujian ini menguji kelayakan mahasiswa Doktor (S3) untuk menjadi Calon Doktor, sebelum dimulainya riset untuk disertasi. 


Ujian komprehensif ini diikuti sebanyak 21 Mahasiswa dari beberapa program studi, 5 orang dari Prodi Ekonomi Islam, 7 orang dari Prodi Pendidikan dan Keguruan, 4 orang Prodi Pendidikan Bahasa Arab, 3 orang Prodi Dakwah dan Komunikasi, 1 orang Prodi  Syariah dan Hukum Islam dan 1 orang Prodi Sejarah Peradaban Islam. Satu mahasiswa Program Doktor (S3) diuji oleh lima orang penguji. 


Hari pertama dimulai pukul 09.00 WITA sampai selesai dengan mata kuliah Ilmu Tafsir dan Ilmu hadis dan hari kedua  mata kuliah Sejarah Pemikiran Islam, dan Sejarah Peradaban Islam dan masing-masing  mata kuliah konsentrasi.

Dalam ujian ini mahasiswa diuji kemampuan pemahaman dan penguasaan teoritik sesuai dengan bidang keilmuannya. Selain itu, juga untuk menilai keluasan wawasan dan kemampuan akademik mahasiswa sebagai hasil perkuliahan yang diikuti, dan menilai kemampuan penalaran dan analisis mahasiswa yang dirumuskan dan dituangkan secara tertulis dan lisan. (shz/mif)

di dalam Berita
saidinhamzah 17 Oktober, 2023