Mahasiswa FEBI IAIN Parepare Raih Prestasi Gemilang di The 1st International Olympiad on Islamic Economics and Business

3 September, 2023 oleh
multazam.mansyur

Humas IAIN Parepare -- Sejumlah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Parepare telah berhasil meraih prestasi gemilang dalam The 1st International Olympiad on Islamic Economics and Business yang diselenggarakan oleh AFEBIS (Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam). Kompetisi ini mempertemukan para mahasiswa dari berbagai institusi pendidikan tinggi untuk berkompetisi dalam berbagai cabang ilmu ekonomi Islam yang berlangsung secara daring dan luring pada, Selasa – Kamis (29-31/08/2023).

Salah satu prestasi yang mencuri perhatian adalah medali emas yang diraih oleh Muhammad Yassin dalam perlombaan Resensi Jurnal Internasional. Di sisi lain, Feby Alfina Saharani juga mengukir prestasi sebagai runner up 1 pada perlombaan Esai Ekonomi Islam. Keduanya  mahasiswa dari Prodi Akuntansi Syariah dan Prodi Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah.

Muhammad Yassin yang berhasil meraih medali emas dalam resensi jurnal internasional  berbagi strateginya dalam menghadapi kompetisi tersebut. Ia mengatakan, "lebih banyak waktu yang saya habiskan untuk membaca dan berusaha memahami isi dari jurnal tersebut, kemudian menentukan kelebihan serta kelemahan dari jurnal yang menjadi dasar resensi saya, dan mencari beberapa jurnal sebagai penguat dari argumentasi nantinya, sehingga untuk perampungannya membutuhkan waktu lebih sedikit." Ia juga mengutip kata-kata Abraham Lincoln, "berikan aku 6 jam untuk menebang pohon dan aku akan menggunakan 4 jam pertama untuk mengasah kapak," untuk menggambarkan pendekatan kerjanya.

"Awalnya ada kegiatan ini, saya langsung menunjuk Yassin untuk mengikuti resensi jurnal keuangan internasional dengan menggunakan scopus terbaru sebagai bahan referensinya, karena menurut saya banyak fenomena kekinian yang lahir dari jurnal scopus terbaru. Adapun pesan saya adalah teruslah mengasah keilmuan dengan terus belajar dan belajar. Where there's a will, there's a way," jelas Ketua Prodi Akuntansi Syariah Andi Ayu Frihatni.


Feby Alfina Saharani yang meraih prestasi sebagai runner up 1 dalam perlombaan Esai Ekonomi Islam menjelaskan bahwa persiapannya mirip dengan melakukan riset mendalam mengenai tema yang diberikan, lalu perlahan menuliskan ide-ide paragraf yang disertai dengan argumentasi yang tepat.

Sementara itu, harapan dari Andi Ayu Frihatni agar mahasiswa lainnya juga tetap berpartisipasi aktif dalam mengikuti lomba dan olimpiade yang dilaksanakan untuk meningkatkan prestasi mereka. Andi Ayu Frihatni yakin bahwa masih banyak mahasiswa di Prodi Akuntansi Syariah yang memiliki potensi besar, dan dengan usaha dan pembelajaran yang terus-menerus, mereka dapat mencapai prestasi yang gemilang.

Prestasi gemilang yang diraih oleh mahasiswa FEBI IAIN Parepare di The 1st International Olympiad on Islamic Economics and Business adalah bukti dari dedikasi mereka dalam mengasah ilmu dan keterampilan di bidang ekonomi Islam. Semoga prestasi mereka dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus berusaha dan berprestasi di tingkat internasional. (mma/mif)


di dalam Berita
multazam.mansyur 3 September, 2023