Mahasiswa IAIN Parepare Lolos Beasiswa MOSMA Kuliah di Amerika

18 Agustus, 2023 oleh
mahyuddin

Humas IAIN Parepare – Muhammad Raehan Zaky, mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare berhasil meraih kesempatan kuliah di Negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Sebab, ia lolos dalam program Beasiswa MoRA Overseas Student Mobility Awards (MOSMA) 2023.

Muhammad Raehan Zaky saat ini telah melakukan persiapan akhir jelang keberangkatan para mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) ke York College of Pennsylvania, Amerika Serikat.

Mahasiswa yang akrab disapa Raehan ini berasal dari Program Studi (Prodi) Bimbingan Konseling Islam (BKI) Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Parepare. Muhammad Raehan direncanakan akan diberangkatkan ke Amerika akhir Agustus ini. Ia pun mengaku sangat bersyukur usai menerima pembekalan keberangkatan dan berharap bisa menimba banyak ilmu pengetahuan.

“Saya berharap melalui program ini bisa mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman, dan saya ingin memanfaatkan kesempatan yang amat berharga ini,” ungkapnya.

Program ini salah satu program yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) Kementerian Agama RI melalui seleksi Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) pada Beasiswa Non Gelar MOSMA 2023 sebagai implementasi Kurikulum Merdeka dalam bentuk program mobilitas fisik yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar di perguruan tinggi luar negeri.

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Ahmad Zainul Hamdi menjelaskan dalam sesi pembekalan sebelum pemberangkatan, Jum’at (18/08/2023) di Jakarta mengatakan, MORA Overseas Student Mobility Awards (MOSMA) salah satu program implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

MOSMA berbentuk program mobilitas fisik yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar di perguruan tinggi luar negeri. Program ini berlangsung selama 1 semester dengan durasi maksimal 6 bulan. Melalui program ini, mahasiswa mendapatkan kredit yang dapat dikonversi ke dalam SKS (Satuan Kredit Semester) di kampus asal.

Civitas Academica IAIN Parepare mengucapkan selamat dan sukses atas pencapaian yang diraih oleh Raehan. Semoga dapat selalu menjadi motivasi dan inspirasi bagi seluruh mahasiswa di lingkungan IAIN Parepare. (mhy/mif)



di dalam Berita
mahyuddin 18 Agustus, 2023