Mahasiswa KKN-MB di Lembang Rano Utara Galang Ukhuwah Melalui Pengajian Rutin

21 Juli, 2023 oleh
multazam.mansyur

Humas IAIN Parepare -- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata-Moderasi Beragama (KKN-MB) Posko 15 Lembang Rano Utara, Kabupaten Tana Toraja terus berkreasi. Salah satunya berpartisipasi dalam pengajian rutin mingguan. Tujuannya untuk memperkuat ukhuwah dan menyambung silaturahmi sesama umat muslim di wilayah ini. Pengajian rutin ini diadakan secara bergilir di rumah-rumah warga Muslim di Lembang Rano Utara. Manfaat lainnya, untuk mempererat hubungan keagamaan dan sosial dalam komunitas.

Pengajian rutin kali ini diadakan di kediaman Siti Aminah, yang merupakan Ketua Majelis Taklim Lembang Rano Utara. Mahasiswa KKN-MB yang berposko di wilayah ini juga turut  aktif dalam kegiatan majelis taklim tersebut.


Acara pengajian pada Minggu (16/7/2023) diawali oleh Master of Ceremony (MC) bernama Raidah Mas’ud Maisyara. Ia tercatat sebagai mahasiswa jurusan Pariwisata Syariah dari IAIN Parepare. Selanjutnya, Muhammad Hafiduddin, mahasiswa jurusan Perbankan Syariah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, membacakan ayat suci Al-Qur'an. Dilanjutkan dengan sambutan dari koordinator desa, Muhammad Nur Mahmud, mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Parepare, yang juga memperkenalkan para mahasiswa KKN-MB.

Ceramah agama selanjutnya disampaikan oleh Mohamad Lahay, mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab dari IAIN Sultan Amai Gorontalo. Dalam ceramahnya, Mohamad Lahay menggambarkan adab Rasulullah SAW dalam berinteraksi dengan masyarakat, terutama dengan orang Yahudi. Rasulullah SAW selalu menunjukkan tingkat toleransi yang tinggi, bahkan memberikan makanan dan menyuapi orang Yahudi meskipun sering kali dia mendapat makian dari mereka. "Inilah toleransi tingkat tinggi yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW untuk umatnya," kata Mohamad Lahay.

Acara pengajian rutin ini berlangsung dengan khidmat dan penuh takzim. Masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan majelis ini dan merasa bersyukur atas partisipasi aktif mahasiswa KKN-MB dalam pengajian rutin di Lembang Rano Utara. Hal ini menjadi bukti nyata bahwa generasi muda peduli dan berupaya mempererat tali silaturahim serta semangat ukhuwah di tengah-tengah masyarakat. (rmm/alf)



di dalam Berita
multazam.mansyur 21 Juli, 2023